lexar_sdhc_memory

Memilih tipe SD card sesuai kebutuhan

Bagi yang terbiasa memakai gadget yang dilengkapi dengan memory card tentu tak asing lagi dengan jenis memori SD (Secure Digital) card yang amat populer ini. Keping memori yang kecil dan tipis ini kini semakin memiliki kapasitas dan kecepatan yang mengagumkan, perlahan mulai menggeser dominasi memori jenis CF (Compact Flash) yang berukuran lebih besar. SD card banyak digunakan oleh bermacam vendor gadget yang memerlukan media simpan berkapasitas tinggi seperti kamera, camcorder dan kini laptop mini seperti Asus Eee PC. Dengan bermacam jenis dan kecepatan yang tersedia di pasaran,  bisa jadi para pembeli akan kebingungan saat hendak menentukan akan memilih yang mana.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenali terlebih dahulu kebutuhan kita, apakah SD card ini akan  dipakai pada gadget apa, apakah kamera digital, MP3 player, PDA atau lainnya. Setelah itu periksa kembali spesifikasi yang tertulis pada gadget tersebut untuk jenis SD card-nya, karena kita tidak mungkin memasang SD card yang spesifikasinya tidak sesuai. Selanjutnya tentukan kebutuhan akan kecepatan baca tulis dari SD card tersebut, tentunya semakin cepat SD card tersebut maka harganya akan semakin mahal.

Dalam perkembangannya, memori jenis SD ini telah memiliki 3 kelompok varian yaitu :

  • SD memory card. Jenis memori yang paling populer ini memiliki kapasitas mulai dari 8 MB hingga yang tertinggi 4 GB, dengan format FAT16. Memori berukuran 24 x 34 mm dan ketebalan 2 mm ini dinamai secure (aman) karena telah memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan media dan adanya Write-Protect tab yang mencegah penghapusan isi memori secara tidak sengaja.
  • MiniSD dan MicroSD memory card. Dengan ukuran memori miniSD yang kecilnya hanya 20 x 21,5 mm dan microSD dengan ukuran 11 x 15 mm, memori jenis ini memang cocok untuk dipasang di ponsel atau MP3 player. Bagi yang ingin memakai memori miniSD / microSD pada peranti yang memiliki slot SD, maka diperlukan sebuah adapter (biasanya disertakan saat membeli miniSD / microSD).
  • SDHC memory card. SDHC (SD High Capacity) adalah pengembangan selanjutnya dari SD card yang meski tidak merubah bentuk dan desain, namun kini kecepatan dan kinerjanya telah ditingkatkan dengan memakai format FAT32. SDHC card memiliki kapasitas mulai dari 4 GB hingga 32 GB. Untuk urusan kompatibilitas, satu hal yang perlu diingat bahwa bila perangkat kita telah mampu mendukung memori jenis SDHC, maka ia akan tetap kompatibel dengan memori SD biasa. Namun sebaliknya, jangan gunakan memori SDHC pada perangkat lama yang hanya mampu mengenali memori SD card.

Lantas bagaimana dengan kemampuan atau kecepatan baca-tulis dari SD card? Untuk menentukan ukuran kecepatan baca-tulis data, umumnya digunakan standar kelipatan 150 kB/s dimana sebelumnya cara ini umum dijumpai dalam mengukur kecepatan CD-ROM. SD card biasa memiliki kecepatan 6x (atau 6 x 150 kB/s) atau 900 kB/s, sementara SD card kecepatan sedang berada di kisaran 66x atau 10 MB/s, dan SD card kecepatan tinggi bisa mencapai 150x atau 22,5 MB/s. Perlu dicermati bahwa ini adalah kecepatan teoritis maksimal yang bisa dicapai oleh suatu memori namun tentu tergantung pada kemampuan maksimal dari perangkat yang digunakan. Juga perlu diingat kalau kecepatan maksimal ini adalah untuk kecepatan baca (read speed), sementara kecepatan tulis (write speed) akan berada di bawah itu.

Berikut tabel kecepatan maksimum yang umum dijumpai pada memori SD card, diambil dari Wikipedia.

Rating Speed (MB/s)
6x 0.9
32x 4.8
40x 6.0
66x 10.0
133x 20.0
150x 22.5

Dengan hadirnya SDHC dengan kapasitas yang lebih tinggi dan memakai metode memory addressing yang berbeda dibanding SD card biasa (sector addressing vs byte addressing), SDHC memakai standar baru untuk menyatakan kecepatan, disebut dengan SD Speed Class Ratings. Peringkat kecepatan ini menyatakan kecepatan tulis minimum dimana terdapat tiga pembagian kelas yaitu :

  • Class 2: 2 MB/s
  • Class 4: 4 MB/s
  • Class 6: 6 MB/s

Meski demikian ada saja produsen SDHC yang mengklaim kecepatannya berdasar kecepatan baca maksimum sehingga membingungkan calon pembeli (tidak seperti standar kelas / kecepatan tulis minimum yang dibuat untuk memudahkan pemakai). Mengingat kedepannya akan banyak peranti digital yang telah kompatibel dengan SDHC, maka sebelum membeli memori pastikan dulu perangkat tersebut kompatibel dengan SDHC kelas berapa, jangan sampai kamera digital masa depan mensyaratkan pemakaian SDHC kelas 4 namun anda membeli SDHC kelas 2.

Lantas untuk apa memakai memori berkecepatan tinggi? Utamanya tentu adalah untuk perangkat rekam video yang memiliki data bit rate yang tinggi (apalagi video resolusi HD) dan kamera digital yang fitur videonya sudah cukup baik. Namun pemakaian SD card kecepatan tinggi juga cocok untuk kamera DSLR yang sering dipakai dalam mode continuous shooting / burst mode. Tapi bila pemakaian SD card untuk keperluan memutar musik di MP3 player atau menyimpan data pada PDA, pemakaian SD card kecepatan biasa sudah mencukupi.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

4 thoughts on “Memilih tipe SD card sesuai kebutuhan”

  1. Mas saya berencana membeli sd card kedua untuk kamera digital prosumer saya, trus apa pengaruhnya apabila saya membeli memory card yang kecepatannya dibawah spesifikasi standard yang ditentukan?

    Trimakasih

    1. Tidak ada, selama anda tidak memotret full burst atau merekam movie resolusi tinggi. Memori lambat hanya membuat anda harus menunggu lebih lama saat melihat-lihat foto-foto anda di kamera.

  2. Mksh bnyk mas infonya. sangat berguna untuk sy yg berencana membeli memory card. o ya, klo untuk mp4 player, mini sd card yg cocok yg di speed brp y? thx

  3. Salam kenal.
    Terima kasih atas info nya ya mas
    saya mau tanya nih, boleh kan nanya ama yg senior??

    saya kan baru saja beli camera digital yg ada fasilitas HD video (high quality) dan beli memory card SDHC 4GB merk V-Gen. tp kenapa begitu saya lihat rekamannya, suaranya hilang di pertengahan. Pada awalnya ada, tapi setelah detik ke 30, suara lsg hilang.
    dan kemudian saya coba merekam dengan SD card 2GB Kingston, ternyata bisa! dan ada suaranya??
    kenapa ya? padahal kan yg 4GB itu sudah SDHC? yg saya tahu SDHC itu tingkatannya lebih tinggi dibanding SD? dan saya jg baca di spec camera itu, support SD, SDHC.
    yang ingin saya tanyakan, apakah memory card tersebut pengaruh?
    apakah merk MC juga berpengaruh?

    Mohon advise nya?.

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih
    saya sangat berterima kasih sekali apabila anda mau membantu saya.
    ** oh ya, teman saya juga membeli camera itu dan mengalami hal yg sama. setelah saya telpon service centre nya ternyata mereka cuma bilang ” disini kami coba juga, tapi ada suaranya kok!”
    dan itu adalah jawaban yg tidak memuaskan.

    thx a lot!!

Comments are closed.