Home » kamera digital

Kamera saku murah meriah di penghujung tahun 2009

8 October 2009 34,309 views 9 Komentar

Di penghujung tahun 2009 ini kami hadirkan panduan belanja kamera saku murah meriah untuk mengisi liburan akhir tahun anda. Untuk mengabadikan momen bersama keluarga dalam foto berukuran 10 MP, atau sekedar merekam video klip pendek, sebuah kamera saku murah meriah sudah sangat mumpuni. Dengan dana 1 hingga 2 juta, anda sudah bisa mendapat kamera saku berkualitas yang bisa diandalkan untuk fotografi dasar harian.

lumix-dmc-fs4Sebelum melangkah lebih jauh, anda mungkin bertanya-tanya mengapa harga kamera saku ada yang bisa begitu mahal, sementara di lain pihak ada kamera saku yang dijual murah meriah. Anda mungkin penasaran mengapa ada orang yang mau membeli sebuah kamera saku seharga 4 juta, padahal kamera itu bukanlah kamera advanced seperti kamera DSLR. Baiklah disini kami tegaskan dahulu kalau variasi harga jual kamera saku bisa dipengaruhi oleh segmentasi (kasta) atau oleh fiturnya. Kamera dengan kasta tinggi, atau kamera premium, tentu menjadi mahal karena modelnya yang keren, berkesan mewah dan punya image kelas atas seperti jajaran Canon Ixus.

Meski tidak ada salahnya memilih kamera karena modelnya, namun kami lebih bisa memaklumi bila sebuah kamera dijual mahal karena fiturnya. Nah, fitur yang membuat kamera bisa dijual dengan harga mahal diantaranya adalah kualitas dan desain lensa. Kamera mahal pun umumnya sudah dilengkapi dengan fitur manual mode (P/A/S/M) untuk kendali fotografi tingkat lanjut. Bahkan kamera modern saat ini sudah mampu merekam video beresolusi HD dengan frame rate 30 fps yang tampak nyaman bila ditonton di layar HDTV. Sedangkan resolusi sensor (dalam satuan mega piksel) tidak lagi menandakan mahal murahnya sebuah kamera, karena kini semua kamera sudah mencapai angka resolusi sangat tinggi dari 8 hingga 14 MP (bandingkan dengan DSLR Nikon D40 buatan tahun 2007 yang ‘cuma’ 6 MP).

Kamera saku kisaran harga 2 juta rupiah

Menurut pengamatan kami terhadap spesifikasi kamera di tahun 2009 ini, dengan harga 2 juta kita sudah bisa memiliki kamera saku dengan fitur dan spesifikasi yang cukup baik dan lengkap. Hal ini berbeda dibanding dengan beberapa tahun lalu dimana dana 2 juta hanya cukup untuk dapat kamera yang fiturnya tergolong pas-pasan, meski tentu saat ini pun dengan 2 juta kita tidak bisa mengharap lebih akan fitur kelas atas seperti kendali manual (P/A/S/M) ataupun HD movie. Tapi setidaknya dengan membayar 2 juta rupiah, kita berhak untuk mendapat kamera yang sudah dilengkapi dengan stabilizer optik sebagai bekal penting untuk melawan blur karena getaran kamera.

Berikut beberapa pilihan produk kamera saku seharga kurang lebih 2 juta :

  • Panasonic Lumix FS62 (10 MP, 4x zoom, IS, LCD 2.5 inci, bat. Lithium)
  • Kodak M1093 IS (10 MP, 3x zoom, IS, LCD 3 inci, HD, bat. Lithium)
  • Nikon Coolpix S560 (10 MP, 5x zoom, VR, LCD 3 inci, bat. Lithium)
  • Sony Cybershot W190 (12 MP, 3x zoom, IS, LCD 2.7 inci, bat. Lithium)
  • Olympus- FE5010 (12 MP, 5x zoom, IS, LCD 2.7 inci, bat. Lithium)
  • Canon Ixus 95 IS (10 MP, 3x zoom, IS, LCD 2.5 inci, bat. Lithium)

Dari daftar di atas, kabar baiknya adalah tampak adanya kesamaaan yang mendasar diantara kamera harga 2 jutaan, yaitu adanya fitur stabilizer. Selain itu semua kamera diatas sudah memakai baterai Lithium, sementara ukuran layar LCD bervariasi dari 2,5 hingga 3 inci. Perhatikan kalau Kodak M1093 IS cukup berbeda dengan menawarkan fitur HD movie, sementara merk lain baru mengijinkan fitur HD movie di kamera yang lebih mahal.

Kamera saku kisaran harga 1,75 juta rupiah

Bila anda mengincar kamera yang harganya dibawah 2 juta, maka berikut ini adalah kamera yang harganya sekitar 1,75 jutaan yang mungkin bisa anda pilih. Di kisaran harga ini, pilihan kamera saku yang ada mulai menunjukkan perbedaan spesifikasi, katakanlah kini bisa dijumpai ada banyak kamera yang tidak dilengkapi stabilizer optik.

Berikut beberapa pilihan produk kamera saku kisaran harga 1,75 juta :

  • Canon Powershot A1100 IS (12 MP, 4x zoom, IS, LCD 2.5 inci, bat. AA)
  • Casio Exilim S10 (10 MP, 3x zoom, LCD 2.7 inci, bat. Lithium)
  • Kodak M1033 (10 MP, 3x zoom, LCD 2,7 inci, bat. Lithium)
  • Olympus FE-3010 (12 MP, 3x zoom, LCD 2.7 inci, bat. Lithium)
  • Sony Cybershot W180 (10 MP, 4x zoom, LCD 2,7 inci, bat. Lithium)

Dari daftar diatas, sungguh menarik melihat kalau Canon A1100 IS menjadi satu-satunya kamera saku harga 1,75 jutaan yang masih dilengkapi dengan stabilizer (dan yang memakai baterai AA) sementara merk lain tidak ada fitur stabilizer optik (bedakan dengan istilah digital stabilizer atau stabilizer palsu).

Kamera saku kisaran harga 1,5 juta rupiah

Dengan budget 1,5 juta, anda masih bisa mendapat kamera saku yang berimbang antara harga dan kualitas. Justru kami menyukai kamera di kisaran harga 1,5 juta karena dari segi harga cukup terjangkau, tapi masih bisa mendapat fitur yang lengkap bila kita cermat meneliti spesifikasinya.

Berikut beberapa pilihan produk kamera saku seharga kurang lebih 1,5 juta :

  • Canon Powershot A1000 IS (10 MP, 4x zoom, IS, LCD 2.5 inci, bat. AA)
  • Panasonic Lumix FS6 (8 MP, 4x zoom, IS, LCD 2.5 inci, bat. Lithium)
  • Olympus FE-46 (12 MP, 5x zoom, LCD 2.7 inci, bat. AA)
  • Nikon L20 (10 MP, 3.6x zoom, LCD 3 inci, bat. AA)
  • Fuji FinePix J38 (12 MP, 3x zoom, LCD 2.7 inci, bat. Lithium)
  • Casio Exilim Z2 (12 MP, 3x zoom, LCD 2.7 inci, bat. Lithium)

Enam kamera diatas semuanya dijual diĀ  kisaran harga 1,5 juta, perhatikan kalau ada sedikit kejutan dimana ada dua kamera yang masih dilengkapi fitur stabilizer. Dengan mudah kami beranggapan : bila ada kamera harga 1,5 juta sudah ada stabilizer, buat apa harus membeli kamera harga 1,75 juta tanpa stabilizer? Meski anda belum tentu sependapat dengan kami, namun setidaknya fakta ini menunjukkan kalau harga dan fitur tidak selalu sejalan.

Kamera saku kisaran harga 1 juta rupiah

Disaat dana yang terbatas memang jadi alasan utama, pilihan kamera 1 jutaan kali ini mungkin bisa jadi pilihan menarik. Lupakan fitur stabilizer disini, karena inilah kamera paling basic yang dibuat oleh masing-masing produsen, yang memang ditujukan buat para budget-minded, yang penting bisa jepret dan bersenang-senang.

Berikut beberapa pilihan produk kamera saku seharga kurang lebih 1 jutaan :

  • Fuji FinePix A170 (10 MP, 3x zoom, LCD 2.7 inci, bat.AA)
  • Canon Powershot A480 (10 MP, 3.3x zoom, LCD 2.5 inci, bat.AA)
  • Nikon L19 (8 MP, 3.6x zoom, LCD 2.7 inci, bat.AA)
  • Kodak C1013 (10 MP, 3x zoom, LCD 2.4 inci, bat. AA)
  • Samsung ES10/ES15 (8 MP/10 MP, 3x zoom, LCD 2.5 inci, bat. AA)

Dari lima kamera di atas, tak satupun yang punya fitur stabilizer. Namun kabar baiknya anda tetap dapat memiliki kamera murah dengan resolusi 8-10 MP, dengan LCD 2.5-2.7 inci, kemampuan merekam VGA movie dan punya desain yang cukup baik. Sebagai info, di tahun lalu, kamera seperti ini dijual di kisaran 2 jutaan. Kini cukup dengan dana 1 jutaan, anda sudah bisa mulai bersenang-senang.

Kesimpulan dan rekomendasi

Berita baik di tahun ini, dengan dana 1-2 juta, kita sudah bisa memiliki kamera saku yang berkualitas. Kecuali anda perlu lensa yang didesain khusus, atau perlu fitur kendali manual, semestinya anda tidak perlu membayar lebih untuk sebuah kamera saku. Perkembangan teknologi telah mengijinkan kita untuk memiliki produk berkualitas dengan harga yang pantas.

Pada dasarnya kami selalu merekomendasikan kamera saku berdasarkan fitur, bukan kualitas hasil foto. Hal ini karena kamera saku dengan sensor kecil umumnya memberikan hasil foto yang relatif sama, kecuali bila lensa yang digunakan sangat buruk. Paling mudah adalah memilih kamera dengan fitur stabilizer, lalu barulah menilik fitur lainnya.

Rekomendasi kami di tiap kelas yaitu :

  • Kodak M1093 IS adalah satu-satunya kamera di kisaran harga 2 jutaan yang dilengkapi dengan fitur HD movie, kami nobatkan menjadi kamera best-buy di kelas 2 jutaan. Sementara Lumix FS62 jadi rekomendasi kedua di kelas ini bila anda merasa cukup dengan kemampuan movienya yang beresolusi 848 x 480 (WVGA) dan layar LCD-nya yang kecil.
  • Di kisaran harga 1,75 jutaan, Canon A1100 IS kami rekomendasikan karena sudah memiliki stabilizer. Kami tidak merekomendasikan kamera lain yang tidak dilengkapi stabilizer di kisaran harga ini.
  • Untuk harga 1,5 jutaan, ada dua kamera dengan stabilizer yang kami rekomendasikan yaitu Canon A1000 IS dan Lumix FS6. Canon A1000 IS cocok bila anda perlu kamera berbaterai AA, sementara FS6 memakai baterai Lithium.
  • Di kelas kamera basic, pada dasarnya tidak ada pemenang mutlak. Pilihan lebih didasarkan pada selera saja karena umumnya memiliki kesamaan dalam hal fitur dan lensa yang juga basic. Namun bila melihat dari desain dan ukuran LCD yang lebih besar, maka pemenang di kelas kamera 1 jutaan adalah Fuji A170 di tempat pertama dan Nikon L19 di tempat kedua.

Related posts:

  1. Lima kamera saku super murah di 2011
  2. Panduan lengkap memilih kamera saku superzoom
  3. Enam kamera saku 12 MP harga cuma 1 jutaan
  4. Inilah jajaran kamera saku underwater terbaru di 2013
  5. Buyer guide : Delapan kamera prosumer super zoom baru

9 komentar »

  • dody said:

    kl dibandingkan antara canon PS A1100 dengan Fuji F50FD gmn min??

  • Serpongman said:

    Thks utk infonya …..
    Tapi yang lebih penting lagi : dimana bisa beli dengan harga segitu. Atau mungkin ada info nomor telp yang bisa dikontak ….

  • rief said:

    Aluuu mas gaptek…
    Suksesterus yah buat blog nya….
    aku arif newbe niy dalam dunia kamdig…ada yang pengen aku tanyain ni…tentang kamera samsung baru seri ST550..bisa kasih review nya ga mas??
    ya dari sisi kelengkapan fitur n hasil fotonya…
    apa juga punya fitur P/A/S/M nya???

    thanks b 4 ya mas…. :)
    chayoo buat blognya yang syip bgt….

  • oman said:

    mas kalo casio z 90 gimana mas… reviwnya…

  • admin KG (author) said:

    @ all : untuk diskusi seputar kamera saku murah meriah atau soal lainnya, silahkan gunakan forum yang tersedia.

  • aris decoration said:

    kapan posting lagi tentang kamera murah penghujung 2010?

  • admin KG (author) said:

    Untuk tahun 2010-2011 sudah kami buat artikel ini : http://kamera-gue.web.id/2011/01/29/enam-kamera-saku-12-mp-harga-cuma-1-jutaan/

  • last memorie said:

    waduh jadi semangat berburu kamera nih..
    makasih infonya