Home » aksesori

Alternatif 2x tele-converter dan adapter untuk Canon G10/G11

15 November 2009 17,735 views 32 Komentar

Canon G10 (dan G11) merupakan salah satu kamera saku kelas pro dari keluarga PowerShot yang banyak dijadikan sebagai kamera pendamping kamera utama para profesional. Canon G10 menyempurnakan generasi sebelumnya G9/G7 yang mana perbedaan utamanya adalah dalam hal fokal lensa. Pada lensa G10/G11 fokal efektif yang dimiliki bergeser ke arah wide dengan 28mm hingga 140mm sehingga pecinta wide angle akan lebih menyukai G10/G11 ketimbang G9/G7. Namun bagaimana dengan mereka pemilik G10/G11 yang memerlukan fokal lensa lebih dari 210mm? Untuk itu tersedia aksesori tele-conversion lens yang akan membuat fokal lensa jadi lebih panjang.

Canon G10 plus 1.4x T-con dan adapter

Canon G10 plus 1.4x T-con dan adapter

Tentu saja Canon sudah menyediakan aksesori resmi untuk keperluan ini. Adalah TC-DC58D, sebuah tele-converter 1,4x yang akan menjadikan fokal lensa G10/G11 menjadi 39-200mm sehingga di posis tele fokalnya hampir menyamai sang kakak G9 yang berakhir di 210mm. Anda bisa lihat, dengan menambah tele-lens converter seharga 1,2 juta rupiah ini, bahkan fokal hasil konversi ini baru mencapai 200mm alias masih kurang jauh untuk beberapa kasus fotografi. Di beberapa situs luar negeri kerap dijumpai review dari pembeli yang kecewa karena kemampuan tele lensa ini masih kurang jauh dan tidak sepadan dengan biaya yang sudah dikeluarkan. Untuk itu beberapa produsen aksesori kamera alternatif mulai menawarkan produk serupa dengan kemampuan yang lebih dari aksesori resmi Canon.

Salah satu produk alternatif yang menarik adalah Pixco TC-58E20 dengan kemampuan konversi tele 2x dan diameter 58mm. Produk yang dijual dibawah 700 ribu ini memiliki keunggulan utama dalam hal kemampuan 2x tele conversion sehingga akan membuat fokal G10/G11 menjadi 56-280mm yang tergolong sudah mencukupi untuk urusan tele. Kualitas optik lensa ini tergolong baik dengan multi-coating untuk mencegah flare, dan urusan vignetting masih dalam batas wajar terutama di posisi tele. Lensa ini memiliki thread ring 58mm yang terbuat dari bahan titanium yang kuat sehingga menjamin keamanan saat pemakaian. Dalam paket penjualannya disertakan sebuah front-cap, rear-cap dan soft pouch berwarna hitam.

Pixco 2x T-con 58mm

Pixco TC-58E20 (2x T-con 58mm)

Layaknya aksesori optik lainnya, sebelum memasang lensa Pixco ini (ataupun lens converter merk lainnya) kita memerlukan adapter (tube) yang dipasang di bagian ring lensa. Pada bodi kamera terdapat ring lensa yang bisa dilepas sehingga nampak adanya dudukan untuk memasang adapter ini. Untuk aksesori adapter asli Canon tersedia produk yang bernama LA-DC58K dengan bahan plastik, dengan banderol harga cukup tinggi sekitar 350 ribu. Untuk itu banyak produsen aksesori yang ikut membuat adapter dengan desain yang mirip namun dijual dengan harga lebih murah.

fusen-adapter
Fusen adapter 58mm untuk G10/G11

Salah satu adapter yang cocok untuk Canon G10/G11 dan harganya terjangkau adalah Fusen dengan thread ring filter 58mm dengan material almunium berkualitas baik. Fusen adapter ini memiliki panjang 55mm dan memiliki  diameter thread standar 58mm. Dengan memasang adapter Fusen ini pada kamera Canon G10/G11, kita bisa menambahkan tele-lens Pixco ataupun aksesori lain seperti filter CPL, UV atau ND asalkan punya diameter 58mm. Hanya saja perlu diingat karena menambah adapter di depan kamera, maka penggunaan lampu kilat akan sedikit terhalang. Untuk itu perlu memakai lampu kilat eksternal baik dipasang di hot-shoe maupun off-shoe (wireless trigger).

Kombinasi Pixco 2x tele lens dan Fusen adapter memberikan kesempatan pada pemakai Canon G10/G11 untuk menjangkau rentang tele hingga 280mm pada resolusi penuh dengan total biaya kurang dari 900 ribu rupiah. Bila dibandingkan dengan kombinasi aksesori asli Canon (1.4x tele plus adapter) yang hampir mencapai 2 juta rupiah, maka perbedaannya cukup signifikan. Pilih yang mana, tentu terserah anda..

Related posts:

  1. Mau pakai lensa Nikon di DSLR Canon? (Uji singkat Novoflex adapter)
  2. Alternatif lensa kit standar untuk kamera DSLR
  3. Banjir kamera baru Canon PowerShot
  4. Pilihan lensa ekonomis untuk DSLR pemula
  5. Lensa Canon vs Lensa Nikon

32 komentar »

  • papabonbon said:

    saya pakai canon powershoot A630. kalau pengen pakai teleconverter wide, apa saja komponen yg kudu dibeli ?

    1. adapter
    2. teleconverter wide

    yah oom ? kira kira merk yg direkomendasikan apa, dan untuk dua komponen itu butuh biaya berapa ?

  • admin KG (author) said:

    Secara umum aksesori yg diperlukan utk A630 itu hampir sama, betul perlu adapter dan conversion lens (wide atau tele). Biaya tergantung pake produk asli atau bukan, utk itu perlu cek harga ke toko online dulu.

  • HQ666 said:

    saya tertarik dengan produk Pixco dan Fusennya.
    Bisa saya dapatkan dimana?
    Please info ke hendranantha@msn.com

    Thanks.

  • admin KG (author) said:

    Produk aksesori semacam ini banyak dijual di toko perlengkapan fotografi termasuk di tokocamzone (sponsor situs ini), soal harga mungkin sedikit bervariasi tapi tidak terlalu terpaut jauh.

  • Adrindra HM. said:

    Wah bener2 keren nih informasinya, makasih sangat berguna pas banget disaat saya ancang2 memutuskan untuk beli G11, meskipun sebelumnya saya pernah kecewa dgn kamera milik kantor yg waktu itu masih G6 (apa G7 ya saya lupa?), krn sering bermasalah pada saat mencari auto focus (1/2 jepret) setelah dapat fokusnya tombolnya dijepret gak bisa/sulit sekali tidak mau njepret (mohon maaf penjelasan saya kampungan/tidak bisa menjelaskan secara teknis); sudah saya service ke pusat/dealer resminya Canon tapi gak lama kumat gitu lagi (krn biaya servicenya buat kami relatif cukup mahal jadi ya gak diservice lagi). Saya yakin G11 ini tidak bermasalah seperti G yg sebelumnya itu.. harap maqlum sudah kadung suka dengan seri G, maaf bukan pesan sponsor tapi drpd bingung milih2 yg lain malah ntar salah.

    Ohya Mas, tele yg Pixco TC-58E20 ini wide-nya brp?.. maksud saya apa lebih wide angle dibandingkan lensa bawaannya G11..? mohon petunjuk kalo mau tambah lensa yg lebih wide dari lensa bawaan G11 gitu mereknya apa yg sesuai?..

    Makasih buanget Mas Admin KG~

    Salam taqwim,
    Adrindra HM

  • admin KG (author) said:

    Kebetulan Pixco yg kami ulas ini jenisnya tele conversion lens, jadi merubah fokal lensa jadi dua kali lebih panjang, bukan jadi wide. Utk merubah lensa G10/11 jadi lebih wide, diperlukan wide conversion lens.

  • Aji said:

    Baru beli G11, kebingungan ama featurenya,maklum baru mulai belajar ‘motret’.
    Awalnya coba2 buat poto dengan efek DOF, blur background ato sebaliknya, tapi selalu kesulitan… terutama objeknya berdekatan sama backgroundnya, kata temen yg punya DSLR, butuh lensa yang lebih gede zoom nya, apa iya begitu?

    Kalo emang itu masalahnya, bisa di beli dimana ya? harganya brapa?

  • admin KG (author) said:

    Kamera saku dgn sensor kecil akan sulit mendapat foto dgn DOF sempit, apalagi kalau jarak antara onjek dan latar dekat.Kalau pakai DSLR memang bisa dicoba pakai lensa bukaan besar (seperti lensa fix) atau lensa tele yg zoomnya panjang. Tapi untuk kamera saku rasanya tidak usah terlalu berharap untuk bikin blur latar.

    Kalau mau dicoba, gunakan saja mode makro dan fotolah benda kecil dari jarak dekat. Untuk objek orang, gunakan posisi zoom terpanjang dan pakai bukaan terbesar.

  • Aji said:

    Thanks buat infonya.. emang kalo make makro udah bisa, tapi ada beberapa situasi yang sulit, misalnya pengen fokus org yang berbaris, tapi yang tengah…
    Terus kalo kalo pake produk di atas, bisa gak yah?

  • admin KG (author) said:

    Maksudnya mungkin ‘circle of confussion’ ya? Di tengah tajam, di depan dan belakang blur? Rasanya hanya DSLR (dengan lensa bukaan besar) yg bisa seperti itu.

  • Aji said:

    :(…. jadi salah beli dong G11 nya..
    Terus kalo mau beli aksesoris diatas.. dimana yah?

  • Aji said:

    maaf nih mau tanya lagi
    ini kan membahas lensa tele buat G10/G11…
    ada gak lensa wide buat G10/G11?

  • admin KG (author) said:

    Sepertinya belum ada. Kalaupun ada untuk G7/G9 yaitu wide conversion lens.

  • ryan-jogja said:

    bang, tanya dong..
    kalo secara keseluruhan g10 apa g11 yak.??

    rncana kita mau cari itu, tp msh bingung antra g10 ap g11.?

  • admin KG (author) said:

    Mending G11, noisenya lebih terjaga berkat sensor yg kembali ke 10 MP (sebelumnya 15 MP).

  • dixie said:

    mau nanya nih, fusen adaptor g10 cm bisa buat lensa tele ya? lensa 58 mm lain bisa masuk gak?

  • yusman said:

    bang. kalau G11 dibanding dengan SX20IS mending pilih yang mana ya bang? tx.

  • Rudy said:

    tertarik ama pixco dan fusen, bisa dibeli dimana ya? please email ke ********@yahoo.com , thanks a lot

  • ant kusva said:

    Pixco TC-58E20 (2x T-con 58mm) utk Canon S2 IS cocok gak?
    thanks

  • Andry SN said:

    minat juga sama produk di atas…dimana ya kira2 bisa ngedapetinnya, G11 user juga tapi newcomer, thanks..

  • Andry SN said:

    mau tanya juga kalo salah satu produk diatas di combine dengan produk asli keluaran canon-nya kira-kira akan bermasalah ga ya…
    mohon pencerahannya,thanks…

  • admin KG (author) said:

    Coba hubungi sponsor kami tokocamzone.

  • Dhani said:

    mas, saya mau bertanya tentang perbedaan fungsi tele-converter dengan wide angle-converter.. apa memang masing2 sebenarnya punya kegunaan yang sama

    tele converter
    http://www.tokocamzone.com/index.php?modName=product&todo=detail&chn=242&id=5942&sisid=8af7db07c9c42186f7f4166e35d313f8

    wide angle-converter
    http://www.tokocamzone.com/index.php?modName=product&todo=detail&chn=242&id=4468&sisid=8af7db07c9c42186f7f4166e35d313f8

    trims,

  • admin KG (author) said:

    Sesuai namanya, wide converter akan merubah fokal lensa aktual menjadi lebih wide, sedang tele akan merubah fokal lensa jadi lebih tele. Tidak semua kamera digital memberi dukungan utk aksesori semacam ini, biasanya kamera serius spt Canon G series dan Nikon P series.

  • wahyu said:

    Apa konsekuensi dari penggunaan kombinasi Pixco 2x tele lens dan Fusen adapter ini pada kualitas hasil gambar ? tks

  • darnell said:

    untuk membeli kedua produk ini cara pembeliannya gimana ya? kebetulan saya lagi ada di jakarta pak… kalo bisa dibeli secara online websitenya apa ya? thank you…

  • admin KG (author) said:

    Kalau sedang ada di jakarta, bisa mampir ke toko sponsor kami di ITC fatmawati lt.2 namanya Tokocamzone. Untuk aksesori kalau beli secara online bisa saja, tapi kan ongkos kirimnya lumayan.

  • Thumbur said:

    Numpang nanya neh bos..kebenaran saya make canon s5 is..kira2 converter diatas bisa ga ya di pake di canon s5 is..atau ada converter khusus utk canon s5 is..Mohon pencerahannya..Thank u

  • ivan said:

    saya baru baca artikel ini,

    kebetulan saya baru beli canon g11.

    apakah Pixco TC-58E20 (2x T-con 58mm)dan Fusen adapter 58mm untuk G10/G11
    masih tersedia??? bisa berikan info harga ke saya??

    please email me at ivan_a_e@yahoo.com

  • admin KG (author) said:

    Kalau dicek di webnya tokocamzone sih stoknya masih ada.

  • tristiono said:

    minta masukan donk, mau beli lensa nih buat nikon d3000… klo nikkor 70 - 300mm kira2 gmn…?

  • muh.iqbal said:

    saya memiliki camere canon G10, saya mau tambahkn tele-lens converter, klo boleh tau harganya brpa & klo mau beli tempatnya dimana..?? thnks.