Review : Yongnuo YN460 dan YN465 flash speedlite

35 Responses

  1. h3los says:

    salam kenal dan ngikut nimbrung mas, saya pemula di fotografi oleh karenanya mesti tanya tanya klo diperbolehkan; saya pake kamera 400D dan flash YN465, dan lampu slave yang laen, ketika YN465 saya pasang di kamera dan dan mode saya pilih M (manual) di YN465 tetapi lampu slave kok gak bisa nyala bareng dengan bukaan kamera, sehingga hasil tetap gelap ( dua duanya nyala bareng tapi gak bersamaan dengan bukaan kamera)apa yang salah di settingnya mas? tolong di jawab yaaaa. makasih banget

  2. admin KG says:

    Setting shutter waktu itu berapa? Hindari memakai speed terlalu tinggi yang beresiko kamera dan lampu tidak sync. Opsi lain coba pake wireless trigger dan cek apa masalahnya masih tetap ada.

  3. arief says:

    permisi mas. saya mau tanya ya. saya udah pake pernah YN460 beberapa bulan yang lalu selama 1 bulan tapi sekarang udah rusak karena jatoh. selama kurang lebih 1 bulan saya ngerasain baterai nya sangat boros ya mas ? bener ga sih ?

    • admin KG says:

      Tergantung power yg anda pakai. Kalau selalu full power, sering dipake jepret ya cepat habis. Saya pakai sampai 100 lebih foto dgn variasi power baterainya masih kuat (cuma pake alkaline).

  4. Andhika says:

    salam kenal mas saya pemula dalam fotografi, saya pengen nyoba strobist dengan harga yang ekonomis, jadi saya mau numpang nanya nih..

    1. YN-460 itu sudah dilengkapi dengan mata kucing yang memungkinkan dapat menyala jika tersambar dengan flash lain kan?artinya tidak memerlukan receiver lagi untuk menyala kan mas?
    2. pernahkah ada masalah dengan mata kucing tersebut?
    3. saya menggunakan Nikon D90 apakah YN-460 memungkinkan untuk highspeed fotografi?

    terima kasih banyak buat infonya mas…

    • admin KG says:

      1. Ya. Tapi utk trigger secara wireless (pake gelombang RF) maka perlu beli satu set transmit – receive unit.
      2. Sering. Mata kucing banyak kelemahan, misal di siang hari dia tidak peka. Belum lagi kalo dia ditrigger lampu kilat orang lain, mau?
      3. High speed tidak didukung oleh YN-460. Utk itu cari flash yg dukung mode FP.

  5. Andhika says:

    hmmm…begitu yah…jadi kalo saya mau beli YN-460 2unit berarti saya harus memiliki 2unit receiver dan 1unit transmitter (sperti RF-602 ya mas?)

    maap ni mas mode FP itu apa ya?

    thx beraat buat ilmunya….
    salam..

  6. muhammad fariz says:

    mas bukannya flash sync d40 cuma 1/500 kok itu bisa 1/1000

    • admin KG says:

      Nikon D40 punya electrical shutter jadi diatas 1/200 detik dia sudah tidak pakai mekanik shutter. Maka itu pada prinsipnya dia bisa memakai flash pada speed berapapun. Tapi sistem kamera membatasi hingga max. 1/500 detik. Dgn flash manual non TTL spt Yongnuo ini, kamera tidak mengenali flash yg terpasang di hotshoe dan tidak membatasi pemakaian speed max 1/500 detik (bandingkan dgn lampu built-in / pop-up kita tidak bisa menaikkan speed diatas 1/500 detik).

  7. muhammad fariz says:

    tapi kan tadi mas menyebutkan bahwa d40 tidak mengenali flash yg terpasang, nah kalau kita onshoe dikamera pas kita tekan shutter nyala gak mas flashnya? , kan katanya tidak terbaca di kameranya (maaf mas banyak nanya :) )

  8. admin KG says:

    Perhatikan pin yg ada di flash hot shoe, ada satu yg besar di tengah dan beberapa yg kecil. Yg besar itu untuk trigger tegangan untuk memerintahkan si lampu menyala, sedang yg kecil itu pin data supaya kamera bisa menganali dan mengirim informasi lainnya ke lampu. Misal kita pasang lampu yg tidak mendukung TTL, memang kamera tidak mengenali lampu yg terpasang (karena lampu tidak ada chip TTL) tapi untungnya kamera tetap mentrigger lampu melalui pin yg besar setiap memotret. Jadi jgn kuatir, lampu pasti menyala cuma kalo tidak TTL ya terpaksa pengaturan intensitas / flash power dilakukan secara manual.

  9. Theo says:

    Permisi,
    mau ikut numpang nanya mas KG,
    1. Apakah flash Yongnuo 460II bisa ditrigger menggunakan Meike MK-CR7?
    2. Apakah bisa juga men-slave Nissin Di466?

    Saya pakai Canon 50D. Trims untuk berkenan menjawab.

  10. Olympus User says:

    Slmt malam….

    Saya abis beli yongnuo YN460-II, cara mengaturnya bagaimana ?
    Kamera saya olympus e-420

    Thx