Home » aksesori

Jadikan flash anda sebagai lampu studio instan

25 December 2009 11,836 views 4 Komentar

Modal cuma punya lampu kilat tapi ingin punya hasil foto layaknya studio foto? Tak perlu pusing membayangkan biaya investasi peralatan studio lighting yang mahal, cukup tambahkan aksesori untuk lampu kilat ini yang bisa membuat kita serasa memiliki peralatan studio lighting instan. Adalah Tronic, produsen aksesori fotografi studio, yang menghadirkan satu tas berisi aksesori flash mungil namun isinya cukup lengkap. Tertarik ingin tahu apa saja isinya? Simak selengkapnya tulisan ini.

barndoorKeuntungan memotret di studio adalah adanya keleluasaan sang fotografer studio untuk mengatur lighting sesuai keinginan. Pengaturan ini memerlukan bermacam aksesori yang tentunya akan memberikan hasil yang juga berbeda. Setidaknya ada empat dasar pengaturan lampu di studio yang umum digunakan yaitu Softbox (untuk melembutkan cahaya), Barndoor (untuk membentuk cahaya) dan Honey Comb (untuk mengatur sebaran cahaya). Ide dari aksesori Tronic kali ini adalah bagaimana menjadikan lampu kilat eksternal bisa dimanfaatkan sebagai sumber cahaya yang bisa diatur layaknya lampu di dalam studio.

 

tronic-studio

 Nah, produk Tronic Accesories Kit seharga kurang dari 600 ribu ini rasanya sudah bisa mewakili kebutuhan diatas dengan memberikan empat fungsi dasar dalam satu kemasan tas yang mungil. Di dalam paket penjualannya bisa didapatkan :

  • sebuah Honey Comb
  • sebuah Softbox ukuran 16 x 22 cm (perlu dirakit dulu sebentar)
  • satu set Color Mask (6 warna)
  • sebuah Barndoor berbahan logam (4 leaf)
  • sebuah Carry Bag elegan berwarna hitam

Satu hal penting yang perlu diketahui, untuk bisa memasang seluruh aksesori diatas pada lampu kilat eksternal, anda diharuskan memiliki adapter seperti gambar berikut ini :

flash-adapter

Bila paket dasar ini dirasa kurang memenuhi kebutuhan fotografi anda, tersedia juga paket yang lebih lengkap plus reflektor mini, snoot dan diffuser berbentuk bola.

Related posts:

  1. Tronic DV35, aksesori video light untuk kamera digital
  2. Kapan perlu memakai lampu kilat?
  3. Bermacam produk off-shoe untuk pecinta strobist
  4. Basic lighting dalam fotografi digital

4 komentar »

  • MR24 Studio said:

    Boleh bertanya ndak? jika ingin membuat studio photo…apa saja yang dibutuhkan di dalam ruangan? Soalnya saya baru mau buat studio photo.
    Untuk sementara ini sih kami hanya memakai lampu biasa, terus untuk kamera nya pakai fokus malam.jadi gambarnya kemerah-merahan jjika d print out.

  • admin KG (author) said:

    Anda perlu minimal sepasang lampu kilat yg ditrigger secara off shoe. Set white balance di kamera ke posisi Flash supaya warna tidak meleset jadi kemerahan.

  • Antonius said:

    Jika mau foto barang stainless, caranya hmm biar ga keliatan pantulannya?

  • admin KG (author) said:

    Arahkan pencahayaan dgn tepat sehingga pantulannya tidak langsung mengarah ke lensa. Atau bisa juga pakai filter circular polarizer.