Cara memakai CBL lens

CBL (Color Balance Lens) untuk akurasi warna

Mendapatkan akurasi warna yang tepat pada berbagai kondisi pencahayaan merupakan tantangan tersendiri bagi para fotografer. Meski kamera memiliki fasilitas auto dan preset White Balance yang berguna, namun terkadang untuk sumber cahaya tertentu (biasanya yang berasal dari bermacam lampu yang bercampur jadi satu) masih diperlukan pengaturan tingkat lanjut. Untuk itu tersedia CBL Color Balance Lens sebagai tool para fotografer dalam mendapatkan reproduksi warna yang tepat.

cbl

CBL ini merupakan cakram dengan dua sisi yaitu berwarna putih dan berwarna silver. Kedua sisi dari cakram ini memiliki fungsi memantulkan sinar yang datang dari sumber cahaya yang ada untuk diukur oleh kamera. Seperti yang kita tahu, setiap bahan memiliki koefisien pantul yang berbeda dan kalibrasi warna yang tepat bisa didapat dengan memakai bahan yang didesain khusus untuk itu. Biasanya bahan berwarna putih atau abu-abu (grey) memberikan hasil terbaik dalam kalibrasi kamera.

Menurut situs resminya, penjelasan dari kedua sisi warna CBL adalah seperti berikut :

The White Side

The White Side is designed using a specially fomulated grooved board over a reflector lens, covered with a condenser, to give accurate color balance in mixed lighting situations, low light, or on cloudy and overcast days.

The Grey Reverse Side

The Grey Reverse Side is formulated from a secret combination of thirteen different materials which have been tested to produce the most consistent color balance and is best suited to studioflash photography and direct sunlight.

Cara memakai CBL lens
Cara memakai cakram CBL

Memakai cakram CBL ini cukup mudah. Cukup tempatkan cakram ini di depan kamera dan lakukan pengukuran metering dengan sumber cahaya yang ada, maka kamera otomatis akan mendapat informasi yang tepat dan konsisten mengenai eksposur dan warna. Meski kalibrasi semacam ini tampak sepele namun daripada mengolah WB untuk setiap foto secara manual memakai software tentu akan lebih merepotkan.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..