nex-3

Sony luncurkan kamera EVIL APS-C

Kamera EVIL : Electronic Viewfinder, Interchangeable Lenses, alias kamera modern dengan sensor DSLR, lensa yang bisa dilepas namun tanpa cermin ini semakin naik daun. Bila di kelompok sensor Four Thirds telah digarap oleh Panasonic dan Olympus dengan format Micro 4/3, maka di kelas APS-C sudah diramaikan oleh Samsung (Samsung NX10) dan kini Sony dengan NEX-3 dan NEX-5. Seperti apa kehebatan Sony EVIL ini?

Pertama, kamera Sony ini memakai sensor  23.4 x 15.6 mm Exmor APS HD CMOS dengan ukuran yang sama seperti kamera DSLR Sony Alpha. Meski demikian, mount yang dipakai kini adalah E mount, sehingga lensa Sony Alpha perlu adapter untuk bisa dipasang di Sony NEX ini (itupun hanya bisa manual fokus). Meski mengusung sensor yang sama, NEX 3 berbeda dengan NEX5 dalam hal material bahan (polycarbonate vs magnesium) dan pula berbeda dalam resolusi HD movie (720 vs 1080) maupun encoder (MP4 vs AVCHD).

nex-3

Meski memiliki ukuran bodi yang kecil, sensor di Sony NEX ini berukuran besar dan sudah dilengkapi sistem anti debu yang memakai low pass filter. Sebagaimana layaknya kamera mirrorless lainnya, tidak ada cermin pada kamera Sony NEX ini. Artinya tidak ada jendela bidik optik dan tidak ada pula auto fokus berbasis deteksi fasa. Sebagai gantinya disediakan fasilitas live view melalui layar LCD nya yang berukuran 3 inci yang bisa dilipat, plus auto fokus berbasis deteksi kontras dengan 25 titik fokus.

nex-5

Pada bodinya yang kecil tampaknya Sony kesulitan menempatkan sebuah lampu kilat sehingga harus memisahkannya menjadi unit tersendiri (dijual jadi satu dengan kamera). Sayangnya tidak disediakan flash hot shoe untuk memasang lampu kilat berdaya besar. Lampu kilat mungil ini punya GN hanya 7 meter dan flash sync 1/160 detik. Untuk urusan ISO mengingat sensor yang dipakai cukup besar maka wajar Sony berani membuat kamera NEX dengan ISO maksimal 12800.

nex-5adaptr

Sebagai paket lensanya, Sony sudah membuat lensa pancake 16mm f/2.8 dan lensa zoom 18-55mm f/3.5-5.6 OSS serta lensa super zoom 18–200mm f/3.5-6.3 OSS.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

3 thoughts on “Sony luncurkan kamera EVIL APS-C”

  1. mas klau kamera semacam ini, apakah ada shutter accountnya?.dan untuk masalah hasil gambar bila diadu dgn kamera dslr.apalagi dgn micro four thride.

    1. Shutter count tetap ada, karena micro 4/3 atau kamera EVIL masih pakai shutter unit yg punya usia hidup. Karena ukuran sensor berbanding dgn tinggi rendahnya noise, maka sensor APS-C lebih baik sekitar 1/2 stop dibanding 4/3 dalam hal noise.

Comments are closed.