Serba-serbi kamera DSLR Nikon

5 Responses

  1. ghozali says:

    makasih atas kupasanny, sangat membantu saya

  2. jenda says:

    Mas Mod, Tlg info donk untuk Nikon D90 sebetulnya sampe berapa sih maksimal Shutter Count (SC) nya ? dan kalo sudah waktu nya diganti apakah biaya nya cukup mahal ?
    Thanks alot ya

    • admin KG says:

      Shutter count tidak mengenal batas maksimal, tiap kamera akan berbeda umurnya. Yang jelas tiap tipe kamera punya shutter yg telah lolos uji pabrik, misal kamera DSLR pemula biasanya lolos uji 50 ribu kali jepret, kamera DSLR menengah lolos uji 100-150 ribu kali.

  3. MAS RIS says:

    Perlu ditambahkan, kamera nikon yang kelas atas dibuat di Jepang, kamera kelas menengah dibuat di Thailand (gara-gara ribut kemarin skrg dah ditutup, ya? Infonya ada PHK besar-besaran Nikon Thailand?), nha kamera yang kelas pemula dibuat di China…

  4. sams says:

    Mas Admin

    Saya punya D90 dengan kitnya 18-105mm + 50mmF1.8.
    Sampai sekarang saya masih cukup puas dengan 18-105mm yg multi fungsi, tapi rasanya agak tanggung di telenya.

    Saat ini saya baru naksir berat dengan Tamron 17-50mm f2.8. Kata teman2 dan para reviewer, lensa ini bagus pada kemampuan low light dan ketajamannya. Untuk tele 55-300vr mungkin sudah cukupanlah.

    Tapi… kembali saya bingung krn ada opsi upgrade ke 18-200mm vr, dengan total investasi yg bisa jadi lebih murah karena sudah berikut telelens yg memadai.

    Rencananya, yg 18-105 mau saya jual buat nombok. Pertanyaan saya:
    1. Kalau opsi Tamron yg diambil, sebaiknya yang VC atau non VC?
    2. Kalau opsi 18-200 yg diambil, saya ingin ngelengkapin dengan wide angle. Apa saran Mas admin opsi wide ange lens yang masuk akal, (2-3 jeti)?