Home » kamera DSLR, kamera digital

Apa yang harus dilakukan bila kamera terjatuh?

4 March 2011 26,455 views 30 Komentar

waterBeberapa kamera digital sudah dibuat untuk bisa bertahan akan benturan, air dan debu. Tapi kamera semacam itu jumlahnya tidak banyak dan harganya juga mahal. Bila kamera anda bukan tergolong kamera tahan benturan, perlakukan dia dengan hati-hati. Namun bila tanpa sengaja kamera anda lepas dari genggaman hingga terjatuh, apa yang harus dilakukan? Inilah saran dari kami.

Pertama tentu kita menyadari bahwa tempat jatuhnya kamera bisa memberikan dampak yang berbeda-beda. Jatuh di kasur, jatuh di lantai, jatuh di tanah atau jatuh di air. Bahan yang keras seperti lantai akan berpotensi merusak bodi kamera hingga memecahkan lensanya, dan peluang untuk kamera bisa selamat menjadi lebih kecil. Jatuh di air sebaliknya memang tidak merusak bentuk kamera namun bisa membuat kamera mati total untuk selamanya.

Bila kamera jatuh di permukaan yang keras

Langkah pertama adalah periksa secara fisik, bagaimana bentuk kamera setelah terjatuh, apakah utuh, retak, pecah atau ada bagian yang terlepas / terpisah. Bila anda masih cukup beruntung, kamera mungkin hanya agak sedikit retak namun bentuknya masih utuh. Periksalah kondisi lensanya, bila kamera jatuh dalam kondisi mati mungkin lensanya masih tersimpan di dalam bodi, namun bila lensa sedang menonjol keluar bisa saja ada bagian lensa yang pecah atau bengkok. Bila lensa atau kamera pecah maka tidak ada yang bisa anda lakukan selain membawanya ke tempat perbaikan resmi.

Bila kamera tampak utuh dan lensanya tampak baik-baik saja, langkah kedua periksa apakah kamera tetap hidup (bila saat jatuh dalam kondisi on) atau periksa apakah kamera bisa dihidupkan (bila saat jatuh dalam kondisi off). Bila kamera enggan menyala setelah jatuh, ini kabar buruk buat anda. Segeralah membawa kamera ke pusat perbaikan resmi yang terdekat.

Namun bila kamera mau menyala, periksa apakah mekanisme zoom tidak bermasalah dengan melakukan zoom in dan zoom out. Bila lensa terbentur bisa saja zoom macet dan kamera akan memberitahukan ada yang salah dengan gerakan maju mundur lensa. Bila secara fisik nampak lensa bengkok, bisa juga dicoba sedikit dibantu untuk diluruskan dengan tangan, namun harus sangat hati-hati dan dengan dorongan lembut. Bila berhasil maka lensa bisa bergerak normal lagi, namun bisa terasa keras jangan dipaksakan dan matikan segera kamera anda, bawalah ke service resmi.

Terakhir, bila setelah terjatuh kamera bisa menyala normal dan zoom juga tidak masalah,  cobalah dipakai untuk memotret dan rasakan apakah ada perbedaan misal dalam proses auto fokusnya, lalu jepretlah beberapa kali dan periksa apa ada kejanggalan dalam hasil fotonya.

Bila kamera jatuh di air

Ini bukan sesuatu yang mudah. Bila kamera jatuh ke air dalam keadaan menyala, besar kemungkinan kamera akan rusak, selamanya. Bila kamera dalam keadaan mati jatuh ke air, segera mungkin angkat dan lepaskan baterai dan kartu memori. Upayakan untuk menggoyang kamera hingga air yang sempat masuk ke dalam kamera setidaknya bisa dikeluarkan. Pada tahap ini kemungkinan besar sirkuit elektronik didalamnya sudah basah, demikian juga dengan sensor dan lensa mungkin sudah terkena air. Anda boleh juga mengupayakan agar kamera menjadi kering dengan menyimpan kamera di kotak dengan silica gel atau serap-air selama seminggu, atau meniupkan hair dryer ke sela-sela kamera, namun jangan berharap banyak. Bila sudah cukup kering, dalam kondisi baterai tetap dilepas, bawa segera kamera anda ke pusat perbaikan resmi.

Memang tidak mudah, dan kebanyakan kamera akan perlu dibawa ke pusat perbaikan resmi. Ingat untuk hal semacam ini tidak didukung oleh garansi karena kesalahan ada di pihak pengguna. Maka itu lebih baik mencegah daripada mengobati, gunakan kamera dengan hati-hati dan bila kita memang akan memakai kamera di kondisi ekstrim sebaiknya memakai kamera khusus yang didesain tahan air, tahan banting, tahan debu dan tahan beku.

No related posts.

30 komentar »

  • Sugiana Hadisuwarto said:

    Kalau tidak sampai benturan keras apakah kamera kita juga bisa mengalami masalah? apakah sekarang kamera yang ada di pasaran didesain khusus untuk bisa tahan benturan sampai tingkatan tertentu?
    Mohon informasinya. Trimakasih dan salam kenal.

  • admin KG (author) said:

    Kadang benturan kecil tidak sampai berdampak apa-apa, tergantung bagian mana yg kena. Paling riskan kalau kena di lensa, apalagi kalau lensa kamera saku. Maka itu di kamera saku kalau sedang mode ‘lihat hasil foto’ si lensa akan masuk guna menghindari resiko tsb. Kamera yg didesain tahan benturan hanya kamera outdoor dgn bodi tahan air dan tahan benturan / jatuh hingga 1 meter.

  • Kaetaro said:

    Makasih utk informasinya yg bmanfaat.

  • Rey said:

    Lam Kenal…. langsung ja yah. kamera saya terjatuh, secara fisik tidak ada perubahan, pi hasil fhoto ga keliat putih bergaris. gmana yah..mohon infonya. trima ksih

  • Asdhar said:

    Artikelx mantap om…..

  • Michelle said:

    Saya tidak sengaja menjatuhkan camera digital Sony DSC-W210 pada posisi lensa masih menonjol keluar ke lantai stainless steel. Kondisi lensa tidak pecah tapi body lensa peyok dan lensa tidak bisa masuk lagi. Ketika dihidupkan layar msh tertulis Sony Cybershot tapi kemudian muncul bunyi kletek-kletek dan tidak bisa utk memotret atau melihat di layaar LCD-nya. Kira2 apa yang terjadi dengan lensa saya? Bisakah diservice tanpa harus mengganti lensa? Kira2 brp biaya utk service ? Apabila musti ganti lensa brp biaya lensanya? Terima kasih dan saya butuh jawaban segera.

  • admin KG (author) said:

    Itu akibat benturan pada lensa yg membuatnya tidak bisa bergerak maju mundur. Saat ada yg menghambat gerakan lensa maka kamera otomatis menolak untuk dipakai (memotret atau melihat hasil foto). Utk perbaikannya ya harus menemukan dulu penyebab macetnya lensa dan itu perlu dicek sama service resminya sony.

  • Mamaqueen said:

    Sya pny kamera olympus fe4010 kena air , pas saya servis di service centernya ktanya g dpt garansi lagi dan hrus mnggnti biaya servis sbesar 2jt 9rtus (pdhl sy beli cm 1,6 jt) atau diganti dgn unit dgn seri diatas kami (olympus 4050) dgn hrga “hanya ” 800rb aja. Yg ingn sy tnyakan kok bs biaya servisnya mahal betul? Lalu apakah kami dpermainkan/diakali pusat servis supaya membeli kameranya lagi? Trims

  • admin KG (author) said:

    Pada dasarnya garansi tidak berlaku bila kamera rusak karena masuk ke air (kecuali kamera tahan air). Tapi biaya servis 2,9 juta itu keterlaluan dan kelihatan sekali memang ada ’sesuatu yg tidak beres’ di tempat anda servis. Saran kami lebih baik beli lagi dan berhati-hati saat memakai kamera barunya.

  • oka said:

    salam kenal maaf mw nanya,,kamera sony w320 sya tidak bs digunakan/mati total dlm keadaan lensa tidak masuk/diluar,,itu knp ya?dan misal diservice perlu brp biaya?terima kasih

  • AbuFatih said:

    Kamera saya Canon A460 diutik2 anak, hasilnya kalau buat foto jadi terlalu putih, sudah disetting macam2 tetap sama.
    Bagaimana caranya agar normal?
    Terimakasih
    Salam

  • admin KG (author) said:

    Kasus foto putih begitu sering sekali terjadi di kamera A460, sebaiknya dibawa ke service resmi canon terdekat.

  • Agus said:

    Mungkin saya termasuk beruntung saat kamera saya jatuh. Hal ini terjadi karena saya terburu-buru mengangkat tas punggung padahal tas belum saya retsluiting dan akhirnya kamera terjatuh menimpa batu dari ketinggian kurang lebih 140cm. Posisi jatuh adalah ujung lensa terbentur batu lebih dulu. Setelah saya periksa body kamera terdapat gores sedikit tetapi semua fungsi kamera maupun lensa(zoom in, zoom out dan auto focus) masih normal hanya filter CPL saja yang pecah. Saya pakai kamera EOS 5D Mark II dengan lensa 17-40mm. Mohon saran fungsi apa lagi yang harus saya periksa. Terima kasih sebelumnya.

  • admin KG (author) said:

    Selagi lensa masih bisa dipakai (zoom,fokus) dan hasil fotonya normal sih aman. Lalu cek juga bodi kamera, apa ada retak dan layar pecah. Kalau kamera berfungsi normal ya syukur.

  • milannerz said:

    mau nanya nih, t4 perbaikan camdig olympus d palembang dimana yaa?? ni kamera pernah tebentur d lantai hinggai lensa gak bisa masuk lagi

  • omak said:

    saya punya kamera canon A460 dilayar camera cuma muncul gambar hitam,tp klo mo liat hasil camera sebelumnya sebelum camera ini bermasalah masih bisa diliat trs semua menu masih bisa berfungsi cm gambar dari lensa yg berwarna hitam…..trims

  • admin KG (author) said:

    @ Omak : sepertinya itu kerusakan di sensor

  • arai said:

    ane pengguna baru sony a350 gan
    kmrn kan kamera ne habis jatuh ,,trus habis itu kalo d buat foto mash bisa tapi hasil fotox bagian atas selalu kepotong jadi bagian atas dari objek harus d lebihn biar hasilx pas,,kira2 yang maslah kamera ato lensax ya gan
    mohon pencerahan

    pertanyaan ane yang eror lensa ap sensor karena ring zoom lensanya agak seret gan
    mohon pencerahannya y

  • hancukz said:

    kemarin nikon d3100 saya jatuh dari ketinggian kira2 1 meter. CPL lensa pecah, body retak di bagian pengait flash internal.. LCD pecah tapi bisa hidup.. Kira2 klo di buat menjadi normal habis berapa ya? mohon pencerahannya..

  • admin KG (author) said:

    @ Arai : Kemungkinan bisa dua-duanya (lensa atau kamera), jadi mesti dibawa ke pusat perbaikan resmi tuh.

  • admin KG (author) said:

    @ Hancuks : Tergantung kondisi kerusakan, LCD itu masih bisa menyala tidak? Baiknya segera dibawa ke Alta di mangga dua jkt utk diperbaiki.

  • Moch said:

    Gan gimana kalau lensa autonya nga bisa di gerakin !
    Apa yang harus saya lakuin ??

  • rifQ said:

    kalo dbwa ke gunung ngaruh gak ya?

  • adam.sutani said:

    malem, kmaren kamera saya terjatuh canon eos 600d sejauh ini pas saya coba msih tetap fokus tetapi suara lensa pada saat auto focus menjadi kasar dan agak oblak di lensa.. kira” itu fatal atau tidak?

    satu lagih om pada saat saya coba tahan setegah shutter terlihat patah” di layar kamrea. tapi pada saat di jepret hasilnya focus, kerusakan itu fatal gak?

  • admin KG (author) said:

    @ Adam, itu pake lensa apa? Mungkin mekanik auto fokus di lensa ada yg terganggu. Kalau lensa USM semestinya resiko rusak lebih kecil karena desain motornya berbeda dgn lensa non USM.

  • henny dwi said:

    kamera saya Nikkon coolpix p3, abis jatuh,,kondisinya ga ad yg cacat tapi waktu dinyalain ga mendetect gambar… semua fungsi masi normal, cuma gak bisa ndetect object, jadinya cuma keliatan item gitu… kira2 knp ya?

  • admin KG (author) said:

    Tampaknya sensornya rusak, biaya ganti sensor cukup mahal.

  • RINA said:

    salam kenal.. mau nanya dunk 3 hari yg lalu kamera olympus saya terjatuh kelantai dalam keadaan lensanya terbuka.. setelah saya putar2 ternyata gk mau masuk lagi lensa zoom nya klo di bongkar baut2 nya kira2 bs benar lagi gak ya.. thq

  • adi said:

    Saya mau tanya ni, saya pakai canon 60 d jatuh dan lensaputus di sambungannya. Saya gunakan lensa yg lain camera masih berfungsi normal kecuali lampu indikator memori yang terus blinking. Kira2 masalah apa ya yg menyebabkan lampu indikator blingking? Apakah lensa yang patah masih bisa di service? terima kasih

  • admin KG (author) said:

    @ Rina dan Adi : Soal kerusakan seperti itu kami tidak tahu, sebaiknya segera dibawa ke service resmi untuk diperbaiki.