Duel seimbang DSLR pemula : Nikon D3100 vs Canon 1100D

19 Responses

  1. clestacille says:

    Ka,sya baru mulai di dunia fotografi, jadi masi pemula. Lebih baik sya beli canon 500 D, 550 D ,Nikon 3100 D atau 3000 D ? Tq before :)

  2. hmmmmm sedikit lebih bagus d3100 deh gan kalau buat pemula
    http://tommyvotograph.wordpress.com/

  3. bhojesh says:

    Supaya gak nyesal pilih Nikon D3100 aja…
    Salam

  4. arief dwicahyo says:

    bro,aq skrg pakai nikon d3100 nih waktu pertama kali punya q udh nyoba merekam video tapi hasilnya sungguh memuaskan cuma sayangnya kartu memory yanga d di akmera itu harus kelas 10 kalau kls lain bisa nggak soalnya guru di sekolahku pakai kamera yang sama kayak punyaku tpi dia jrng rkm video

  5. harfey says:

    Gw punya sony nex c-3 tp pengen pakai lensa2 canon. Adapternya ad ga ya trus aman ga bwt camera gw..

  6. wadim says:

    camera saya D3100 kenapa sekarang kalau buat memfoto kalau pakai lampu kilat internal nya tdk bisa, tapi kalau lampu kilat tdk dipakai bisa.

    • admin KG says:

      Maksudnya mungkin flash internal tidak mau menyala? Pertama cek dulu apa ada setting yg berubah, misalnya flash mode mungkin berubah dari TTL ke manual. Lalu coba matikan kamera, lepas baterai dan tunggu beberapa jam. Kalau bisa coba pasang flash eksternal dan cek apa bisa menyala.

      Kalau memang ada kerusakan, perlu segera di bawa ke perwakilan resmi nikon untuk diperbaiki.

  7. Hairul says:

    saya udah pake Nikon D3100 selama 3bln ini, pokokq nx hasil nx memuas kan deh gan, tp bukan berarti canon 1100D tidak oke, oke jg cuma ad sedikit perbedaan nx dengan nikon,,,
    jd tergantung slera kita aja lg mau pake yang mana c0z Artikel ini sudah sangat jelas bagi pemula seperti saya…