nex-c3

Kamera EVIL Sony terbaru : NEX-C3 dan Alpha A35

Kamera EVIL, atau Electronic Viewfinder Interchangeable Lenses adalah kamera modern dengan jendela bidik elektronik (bisa dengan cermin atau tanpa cermin) dan punya lensa yang bisa dilepas. Sony yang dikenal sebagai produsen kamera modern tentu punya banyak produk di kategori kamera EVIL, seperti seri NEX untuk kelas mirrorless dan seri SLT atau cermin semi tembus pandang (translucent mirror). Kali ini Sony hadirkan dua produk barunya sebagai langkah update berkala yaitu Sony NEX-C3 dan Sony Alpha A35.

nex-c3

Sebenarnya di kelas mirrorless Sony sudah punya seri NEX yang memakai sensor APS-C yaitu NEX-3 dan NEX-5, sedang di kelas translucent mirror yang juga bersensor APS-C, Sony sudah punya duo A33 dan A55. hadirnya kamera mungil NEX-C3 ini merupakan update untuk menggantikan NEX-3 yang hadir satu tahun silam dan kamera A35 ditujukan untuk menggantikan A33. Belum ada kabar mengenai rumor tentang A77 ataupun penerus NEX-5. Perbedaan paling signifikan antara produk baru NEX-C3 dengan pendahulunya adalah naiknya resolusi dari 14 MP ke 16 MP dan penambahan efek gambar (picture effects).  Dari segi spesifikasi hampir tidak banyak perbedaan berarti seperti ISO (200-12800), HD 720 dan ukuran LCD yang selebar 3 inci. Sedangkan A35 kini memakai sensor 16 MP (sama seperti A55) namun dengan spesifikasi yang mirip A33 seperti full HD movie dan burst 7 fps. Baik NEX-C3 maupun A35 dijual di kisaran harga 6 jutaan dan sudah dilengkapi lensa kit.

slt-a35

Sekedar mengingatkan, meski seri NEX dan seri SLT sama-sama tergolong kamera dengan lensa yang bisa dilepas pasang (interchangeable) dan sama-sama memakai sensor APS-C namun keduanya punya perbedaan mendasar dalam proses auto fokus, dimana kamera NEX sebagai kubu mirrorless (seperti kubu Micro Four Thirds) hanya mengandalkan auto fokus berbasis deteksi kontras seperti kamera digital pada umumnya. Sedangkan seri SLT dirancang untuk bisa auto fokus memakai deteksi fasa setiap saat, baik saat mengambil foto maupun video. Seri SLT tetap memiliki cermin sehingga ukuran dan bentuk kamera SLT masih agak mirip kamera SLR.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

4 thoughts on “Kamera EVIL Sony terbaru : NEX-C3 dan Alpha A35”

  1. walau terkesan tidak ada pembaruan secara besar-besaran, biasanya Sony menyimpan agenda tersembunyi dalam penyempurnaan produknya.
    Lucunya itu tidak dijadikan sebagai senjata marketingnya sehingga kadang user sendiri yang baru mengetahui setelah memiliki produknya.

    Semoga hal ini juga ada pada A35 dan NEX-C3 terbaru ini

  2. Inouasi Sony hebat. Saya nunggu penerus Alpha700, (Alpha 800? karena angka ini belum dipakai Sony). Petinggi Sony bilang, seri ini luar biasa hebat. Karena gertakan itu Nikon jadi gak berani ngeluarin seri penerus D300 atau D300s? Nunggu Sony keluarin dulu senjata pamungkas ini? Biasanya Canon dalam situasi begini ngeluarin kuda hitam. Canon 8D? atau Canon 65D perbaikan Canon 60D dengan body yang tangguh seperti Nikon D7000? Dan Nikon lalu ngeluarin juga Nikon D7100 dengan LCD lipat dan perbaikan di beberapa menu? Wah, nampaknya akan ada perang besar sebentar lagi nih…

  3. Penerus A700 secara spec cukup hebat apalagi konon akan memakai sensor APS-C 24.3 MP pertama kali di dunia…

    Nikon D400 akan memakai sensor yang sama dengan penerus A700 ini yang diharapkan akan meramaikan pasar high-end APS-C SLR Digital yang saat ini diisi oleh Nikon D300s, Canon EOS 7D, Pentax K-5.

Comments are closed.