Home » kamera DSLR

Nikon AF-S 40mm f/2.8 DX, lensa makro murah meriah baru

12 July 2011 11,364 views 10 Komentar

Nikon selama ini terkenal konsisten dalam membuat berbagai lensa baru dengan format DX, atau lensa yang dibuat khusus untuk kamera DSLR bersensor APS-C (non full frame) seperti D3000 hingga D300s. Untuk pecinta fotografi jarak dekat (makro), selama ini pemilik DSLR Nikon agak kesulitan dalam memilih lensa idaman karena harganya yang aduhai. Maka itu kehadiran lensa makro murah adalah laksana impian pemilik Nikon DX sejak dulu hingga kini.

afs-40dx

Di kelas full frame, Nikon sudah punya dua lensa makro yaitu AF-S 105mm VR f/2.8 (8 jutaan) dan AF-S 60mm f/2.8 (5 jutaan), keduanya termasuk lensa mewah dengan Nano Coating. Untuk kelas DX, sebelum ini Nikon hanya punya lensa makro AF-S 85mm VR f/3.5 (5 jutaan) yang fokalnya bisa dibilang mendekati fokal 105mm. Masalahnya Nikon belum punya lensa DX yang fokalnya mendekati fokal 60mm sampai akhirnya hari ini diumumkan kehadiran lensa DX terbaru dari Nikon yang bernama AF-S 40mm f/2.8 yang fokalnya ekivalen dengan 60mm. Kabar baiknya, lensa ini akan dijual di kisaran harga 2,5 jutaan saja, sehingga cocok dijadikan lensa kedua bagi yang baru saja punya DSLR dengan lensa kit.

afs-40dxcon

Lensa AF-S 40mm f/2.8 ini punya rasio reproduksi 1:1 dan jarak fokus minimum kurang dari 10 cm. Tidak seperti lensa makro sebelumnya, lensa kali ini berukuran cukup mungil dan sekilas mirip seperti lensa fix AF-S 50mm f/1.8 yang juga punya harga jual 2,5 jutaan. Soal bokeh juga berani diadu, meski secara bukaan maksimal lensa ini hanya f/2.8 saja dan hanya punya 7 blade diafragma. Di dalam lensa ini terdapat 9 elemen lensa dalam 7 grup, dimana Nikon sudah menerapkan teknik Close Range Correction (CRC) focusing dan Super Integrated Coating untuk mencegah flare. Bagian depan lensa ini bisa dipasang dengan filter 52mm, sementara juga masih di bagian depan terdapat ring manual fokus yang ukurannya pas, tidak terlalu kecil sehingga nyaman untuk dipakai. Sebagai info, manual fokus di lensa ini bisa dilakukan kapan saja berkat mode M/A yang fleksibel.

Sampel foto AF-S 40mm (sumber : Nikon)

Sampel foto AF-S 40mm (sumber : Nikon)

Kami memprediksi lensa ini akan jadi salah satu lensa favorit para pemula dan mereka yang punya dana terbatas. Lensa ini pun tidak hanya bisa dipakai buat makro saja, tapi cocok juga untuk potret, candid bahkan landscape.

Related posts:

  1. Lensa Canon vs Lensa Nikon
  2. Lensa Nikon 50mm f/1.8 kini dengan kode AF-S
  3. Review : lensa Nikon AF-S 18-105mm VR
  4. Pilihan lensa ekonomis untuk DSLR pemula
  5. Review : Lensa Nikon AF-S 10-24mm f/3.5-4.5 DX

10 komentar »

  • boedi said:

    Mas Gaptek, apa beda yang sangat signifikan antara lensa 40mm f/2.8 dan lensa 35mm f/1.8? Kalau sudah punya 35mm f/1.8 apakah masih memerlukan 40mm f/2.8? Kenapa? Tks

  • admin KG (author) said:

    Dari fokal lensa relatif sama, bahkan untuk urusan low light dan bokeh memang 35mm f/1.8 menang. Jadi apa alasan seseorang masih memerlukan 40mm f/2.8? Hanya kalau dia tidak puas dengan kinerja makro dari lensa 35mm (yang memang bukan lensa makro). Bandingkan, 35mm punya jarak fokus minimum 30cm dan rasio reproduksi 1:6 sedangkan 40mm punya fokus minimum kurang dari 10cm dan rasio 1:1 yg biasa disebut lifesize.

  • mastegoeh said:

    wah … nikon memang agak terlambat untuk mengeluarkan lensa makro seri yang murah .. namun kira-kira kapan yah muncul di indonesia …

  • Kuncirtilu said:

    AF-S ya mas???
    saya udah cape nih pake manual fokus, soalnya bodi saya ga ada motor, jadi beli lensanya harus AF-S aja

  • yenpiaopiao said:

    Jadi perbedaan antara lensa 40mm f/2.8 dan lensa 35mm f/1.8 untuk urusan makro yaitu

    - 35mm menang dlm urusan jarak fokus ( 30cm ) dan
    - 40mm menang dlm urusan rasio yaitu 1:1

    rasio 1:1 yaitu soal perbesaran thp objek iya mas? untuk pembesaran yang lebih detail itu 40mm menang iya mas, . .
    Makasih

  • admin KG (author) said:

    Jarak fokus 30cm itu belum cukup untuk makro, soal ini lensa AF-S 40mm lebih unggul dengan jarak fokus sekitar 10cm.

  • Ari said:

    info yang bagus..
    thanks sharenya..

  • Hadi said:

    Kalo menurut saya jika haya diperuntukkan untuk makro saja lensa ini masih gak begitu istimewa, saya saat ini menggunakan Nikkor 50mm f/1.4 yang manual fokus. Karena untuk pemotretan makro AF-S pun menurut saya tidak begitu berguna karena dalam jarak dengat auto fokus malah sering meleset. Untuk pemotretan makro, saya menambahkan ext. tube dan fokus dicari dengan maju atau mundur dari objek.

    Namun jika digunakan untuk pemotratan model, saya yakin lensa Nikon AF-S 40mm f/2.8 DX sangat mantap dengan Auto fokus, fokal lenght yang cukup dan diafragma 2.8.

    Salam,

    Hadi
    http://mystockphotos.blogspot.com/

  • jono gibran said:

    Bung KG,

    saya udah tanya di beberapa tempat/penjual kamera, kok AF-S 40mm f/2.8 DX dibilang kosong…atau emang belum masuk ke Indonesia?

  • admin KG (author) said:

    Belum masuk indo.