Nikon AF-S 40mm f/2.8 DX, lensa makro murah meriah baru

10 Responses

  1. boedi says:

    Mas Gaptek, apa beda yang sangat signifikan antara lensa 40mm f/2.8 dan lensa 35mm f/1.8? Kalau sudah punya 35mm f/1.8 apakah masih memerlukan 40mm f/2.8? Kenapa? Tks

    • admin KG says:

      Dari fokal lensa relatif sama, bahkan untuk urusan low light dan bokeh memang 35mm f/1.8 menang. Jadi apa alasan seseorang masih memerlukan 40mm f/2.8? Hanya kalau dia tidak puas dengan kinerja makro dari lensa 35mm (yang memang bukan lensa makro). Bandingkan, 35mm punya jarak fokus minimum 30cm dan rasio reproduksi 1:6 sedangkan 40mm punya fokus minimum kurang dari 10cm dan rasio 1:1 yg biasa disebut lifesize.

  2. mastegoeh says:

    wah … nikon memang agak terlambat untuk mengeluarkan lensa makro seri yang murah .. namun kira-kira kapan yah muncul di indonesia …

  3. Kuncirtilu says:

    AF-S ya mas???
    saya udah cape nih pake manual fokus, soalnya bodi saya ga ada motor, jadi beli lensanya harus AF-S aja

  4. yenpiaopiao says:

    Jadi perbedaan antara lensa 40mm f/2.8 dan lensa 35mm f/1.8 untuk urusan makro yaitu

    – 35mm menang dlm urusan jarak fokus ( 30cm ) dan
    – 40mm menang dlm urusan rasio yaitu 1:1

    rasio 1:1 yaitu soal perbesaran thp objek iya mas? untuk pembesaran yang lebih detail itu 40mm menang iya mas, . .
    Makasih

    • admin KG says:

      Jarak fokus 30cm itu belum cukup untuk makro, soal ini lensa AF-S 40mm lebih unggul dengan jarak fokus sekitar 10cm.

  5. Ari says:

    info yang bagus..
    thanks sharenya..

  6. Hadi says:

    Kalo menurut saya jika haya diperuntukkan untuk makro saja lensa ini masih gak begitu istimewa, saya saat ini menggunakan Nikkor 50mm f/1.4 yang manual fokus. Karena untuk pemotretan makro AF-S pun menurut saya tidak begitu berguna karena dalam jarak dengat auto fokus malah sering meleset. Untuk pemotretan makro, saya menambahkan ext. tube dan fokus dicari dengan maju atau mundur dari objek.

    Namun jika digunakan untuk pemotratan model, saya yakin lensa Nikon AF-S 40mm f/2.8 DX sangat mantap dengan Auto fokus, fokal lenght yang cukup dan diafragma 2.8.

    Salam,

    Hadi
    http://mystockphotos.blogspot.com/

  7. jono gibran says:

    Bung KG,

    saya udah tanya di beberapa tempat/penjual kamera, kok AF-S 40mm f/2.8 DX dibilang kosong…atau emang belum masuk ke Indonesia?