Home » kamera digital

Lima kamera saku super murah di 2011

4 August 2011 20,892 views 8 Komentar

Dana yang terbatas bukan halangan untuk memiliki sebuah kamera saku idaman. Kemajuan jaman telah membawa dampak positif buat konsumen. Kali ini kami sajikan lima kamera saku buatan tahun 2011, yang dahulu bila kita membeli kamera dengan spesifikasi serupa harganya bisa mencapai 1,5 jutaan, namun kini kamera-kamera ini dijual super murah, antara 600-800 ribuan rupiah saja. Anda yang mungkin baru ingin terjun ke dunia fotografi yang lebih baik dari sekedar memotret memakai kamera ponsel, ada baiknya untuk memiliki satu diantara kelima kamera berikut ini.

Casio Exilim EX-ZS5 (800 ribuan)

Inilah kamera keren dari Casio yang terkenal dengan ketipisannya berkat memakai baterai Lithium dan desain lensa yang unik. Kamera dengan sensor 14 MP ini sudah dilengkapi dengan lensa yang sanggup menjangkau area wide 26mm hingga tele 130mm, alias 5x zoom optikal. Untuk urusan merekam video, kamera ini mampu merekam video berformat MJPEG dengan resolusi 848 x 480 piksel yang tergolong baik. Kamera ini  memiliki layar LCD cukup besar yaitu 2,7 inci.

casio_ex-zs5

Plus : wide 26mm, bodi tipis, WVGA movide, super macro mode

Minus : tidak ada

Nikon Coolpix L23 (700 ribuan)

Meski murah, desain Nikon L23 yang mungil dan sexy ini tidak mengesankan kamera murahan. Meski tampak kalah dibanding pesain dalam urusan resolusi sensor, sejatinya resolusi kamera ini sudah mencukupi yaitu dengan sensor 10 MP. Urusan lensa, Nikon L23 ini tidak kalah dengan Casio EX-ZS5, yaitu memiliki rentang 28-140mm atau 5x zoom optikal. Kemampuan merekam video Nikon L23 cukuplah dengan resolusi VGA atau 640 x 480 piksel, dengan layar LCD berukuran 2,7 inci dan ditenagai dengan dua baterai AA.

nikon-coolpix-l23

Plus : lensa wide 28mm

Minus : sensor berukuran kecil (1/2.9 inci)

Canon Powershot A800 (700 ribuan)

Canon lebih dahulu dikenal sebagai produsen kamera saku termurah dengan produk Powershot seri A, hingga saat ini kehadiran A800 masih menjadi pilihan Canon di kelas termurah. Mengusung sensor yang sama dengan Nikon L23, Canon A800 juga merasa cukup pede dengan sensor 10 MP, dengan didukung lensa Canon 37-112mm atau 3,3 x zoom optik yang tidak terlalu wide. Kemampuan rekam video juga cukup dengan resolusi VGA dan layar LCD berukuran 2,5 inci serta ditenagai dua baterai AA.

canon-a800

Plus : super macro mode

Minus : lensa kurang wide

Olympus T-100 (600 ribuan)

Di awal tahun 2011 Olympus meluncurkan kamera saku termurahnya yaitu T-100 dengan desain tipis dan minimalis berkat pemakaian baterai Lithium. Sensor di T-100 cukup lumayan dengan resolusi 12 MP, dibekali lensa 36-108mm alias 3x zoom optik yang tergolong standar. Kemampuan rekam video T-100 juga hanya resolusi VGA saja, serta layar T-100 cukup kecil dengan 2,4 inci.

olympus-t-100

Plus : fitur AF tracking

Minus : layar kurang lega

Kodak EasyShare C1530 (600 ribuan)

Kodak yang kini semakin kurang populer masih terus mencoba bertahan di tengah persaingan kamera digital dengan mengandalkan berbagai produk di segmen bawah. Kali ini sebagai perwakilan kami hadirkan Kodak C1530 yang sudah memakai sensor 14 MP ini punya lensa dengan rentang 32-96mm atau 3x zoom optik yang lumayan cukup wide meski agak kurang tele. Kodak 1530 sudah bisa merekam video resolusi VGA, dilengkapi dengan layar LCD 3 inci dan ditenagai dua buah baterai AA.

kodakc1530

Plus : layar besar, fitur share

Minus : desain agak jelek

Kesimpulan

Kelima kamera diatas memang sulit dipercaya, dijual dengan rentang harga 600-800 ribuan saja. Meski demikian kelimanya memang hanya menjadi kamera termurah di tiap merk yang ditujukan untuk pembeli dengan dana terbatas. Ada beberapa keterbatasan yang mesti disandang oleh kamera murah, sebutlah misalnya hanya memiliki fitur auto saja, tidak ada fitur image stabilizer atau HD movie yang biasa dijumpai di kamera berharga diatas 1 jutaan. Namun untuk urusan fotografi kelima kamera di atas sudah mampu menyajikan gambar yang tajam dengan resolusi tinggi (antara 10-14 MP) dan beberapa bahkan punya lensa yang wide. Rekomendasi kami adalah Casio Exilim EX-ZS5 dengan sensor 14 MP, lensa wide 26mm dan WVGA movie mode yang hampir mendekati resolusi HD.

Bila anda menginginkan salah satu dari lima kamera di atas, anda juga bisa membelinya melalui kami, dijamin aman dan tetap murah.

Related posts:

  1. Kamera saku murah meriah di penghujung tahun 2009
  2. Buyer guide : Delapan kamera prosumer super zoom baru
  3. Enam kamera saku 12 MP harga cuma 1 jutaan
  4. Panduan lengkap memilih kamera saku superzoom
  5. Canon G7X : kamera saku serius dengan sensor 1 inci

8 komentar »

  • Asop said:

    Ah, syukurlah, saya butuh kamera baru buat ibu saya… :)

  • Hasyim Yusuf said:

    bisa beli dengan transfer apa tdk? caranya bgm ? saya minat yang Casio Exilim EX-ZS5… bls.

  • Ali said:

    Bisa rekomendasikan diantara beberapa merek di atas, mana yg paling cocok utk mengambil gambar perhiasan, krn perhiasan objeknya kecil-kecil..

  • lestari said:

    harganya skrg berapa ya??? saya bener2 lagi butuh ni,yang murah n bisa menghasilkan gambar bagus…

  • Heri said:

    posisi dmana gan?…

  • agus depok said:

    skrg brg msh ada gak gan…
    Casio Exilim EX-ZS5 brapa?
    No telp.nya mana?

  • galihsatria said:

    Menarik, saya lagi butuh ganti untuk Lumix F3 saya yang tiba-tiba LCD nya mati…

  • Ilham said:

    hasil gambarnya bagus ga gan ?..