Home » kamera digital

Inilah kamera-kamera baru pesaing kamera DSLR

3 September 2011 19,554 views 7 Komentar

Di awal September 2011 ini, Samsung dan Fuji secara bersamaan mengumumkan kehadiran kamera andalan mereka yaitu Samsung NX200 (penerus NX100) dan Fuji FinePix X10 (versi ‘murah’ dari X100). Kejutan ini memang semakin memeriahkan berita kehadiran kamera-kamera baru di paruh kedua tahun 2011 dimana sebelumnya sudah lebih dahulu hadir Nikon Coolpix P7100 (penerus P7000), Sony NEX 7 (flagship di seri NEX) dan Sony SLT A77 (penerus DSLR A700). Kesemua kamera ini ditujukan sebagai alternatif lain dari kamera tradisional DSLR yang memakai cermin dan prisma yang besar itu. Meski demikian, tidak semua kamera ini sama secara jenisnya, ada yang memiliki sensor kecil namun ada juga yang pakai sensor APS-C yang sama besarnya seperti sensor kamera DSLR.

Nikon Coolpix P7100

Kamera prosumer seharga 4 jutaan ini ditujukan untuk mereka yang serius dalam hal kendali dan pengaturan kamera saku, terbukti dengan banyaknya tombol dan tuas di seluruh bodi kamera Nikon P7100. Meski masih tergolong kelompok kamera saku namun ukuran P7100 lumayan besar dan berat sehingga tidak nyaman untuk dimasukkan ke saku. Kamera ini punya sensor CCD 10 MP berukuran sedikit lebih besar dari kebanyakan kamera saku lain  (1/1.7 inci), lensa 28-200mm f/2.8-5.6 dan kendali manual lengkap. Layar LCD 3 inci di kamera ini bisa dilipat untuk memudahkan komposisi. Nikon menargetkan P7100 sebagai kamera pendamping dari DSLR, atau sebagai kamera cadangan. Tapi dengan harga jualnya yang lumayan mahal, P7100 sudah bisa dianggap sebagai pesaing kamera DSLR pemula seperti EOS 1100D atau Nikon D3100.

Fuji FinePix X10

Inilah kamera saku dengan desain klasik namun sangat mewah asli buatan Jepang, sebagai generasi kedua kamera Fuji seri X (sebelumnya ada X100 dengan lensa fix dan sensor besar). Kali ini Fuji memberikan lensa jenis zoom dengan putaran manual yang dipadukan dengan switch on-off yang praktis, dengan rentang fokal 28-112mm f/2.0-2.8. Sensor di X10 memakai CMOS jenis EXR beresolusi 12 MP dengan ukuran lumayan lega yaitu 2/3 inci. Tersedia juga jendela bidik optik layaknya DSLR dengan cakupan 85%. Kamera ini juga mampu merekam video full HD, memotret hingga 10 gambar per detik dan terdapat stabilizer optik di lensanya. Seperti Nikon P7100, kamera Fuji X10 cocok sebagai pendamping kamera DSLR anda, apalagi bila anda tidak kuat membeli lensa DSLR dengan bukaan besar. Sayangnya harga jual X10 ini belum diumumkan.

Sony NEX-7

Bila kedua kamera di atas masih belum memuaskan anda karena hanya memakai sensor kecil, maka Sony NEX-7 mungkin bisa menggoda anda. Seri NEX dari Sony adalah seri kamera mungil dengan sensor besar serta memiliki lensa yang bisa dilepas, yang tergolong di kelas kamera mirrorless. Sebagai lensanya Sony menyediakan lensa khusus dengan E mount, meski lensa dengan A mount juga bisa digunakan dengan bantuan sebuah adapter. NEX-7 didedikasikan sebagai kamera mungil paling canggih yang pernah ada, dengan sensor 24 MP CMOS, berbalut magnesium alloy, memiliki jendela bidik elektronik, TRINAVI user interface (dua roda kendali di bagian atas dan satu di belakang) dan dijual seharga 13 jutaan dengan lensa kit. Sementara NEX-5N adalah kamera versi ekonomis dari NEX dengan sensor 16 MP, tanpa jendela bidik elektronik (harus beli terpisah) dan layar LCD 3 inci yang bisa diangkat, dijual lebih murah di harga 6 jutaan dengan lensa kit. Bila kamera mungil ini sudah memakai sensor APS-C, untuk apa lagi memakai DSLR? Hasil fotonya pasti akan sama baiknya.

Samsung NX200

Sebagai pesaing langsung dari NEX milik Sony, Samsung juga memiliki seri kamera mirrorless berkode NX (penamaan yang mirip, kebetulan?) yang kini sudah mencapai generasi ke dua yaitu Samsung NX200 dengan sensor APS-C 20 MP CMOS. Sebagai mount lensa, Samsung mendesain NX-mount dan tersedia lensa kit 18-55mm f/3.5-5.6 OIS dan dijual bersamaan dengan NX200, namun belum diketahui harganya. Target menyaingi Sony NEX membuat Samsung harus mempersenjatai NX200 dengan berbagai kelebihan seperti manual mode, RAW, 7 fps burst, full HD movie dan layar  Amoled 3 inci yang sayangnya tidak bisa dilipat. Desain grip dari Samsung NX200 cukup cembung dan tampak nyaman digenggam sama halnya seperti Sony NEX-7. Samsung pun tengah menyiapkan jajaran lensa buatan sendiri dengan NX-mount untuk waktu mendatang.

Related posts:

  1. Inilah jajaran kamera saku underwater terbaru di 2013
  2. Kamera saku kelas serius baru dari Fuji : X100S dan X20
  3. Sony A6000 siap ‘ganggu’ DSLR menengah ke bawah
  4. X-Pro1, Kamera mirrorless pertama dari Fuji
  5. Buyer guide : Delapan kamera prosumer super zoom baru

7 komentar »

  • newbie said:

    permisi KG pengen nanya

    saya butuh kamera digital buat keperluan traveling, acara2 kluarga, birthday party, nonton konser dll (standard aja sih)

    nyari yang harganya dibawah 3 jt apa ya yg the best? lebih dikit asal better quality gpp..

    merk apa aja ga masalah, soal model kyaknya pocket aj ya? tapi klo dpt prosure yg lebih bagus sih why not

    thank you :D

  • admin KG (author) said:

    Kalo perlu lensa zoom panjang bisa cari kamera spt canon SX30 atau fuji HS20 atau lumix FZ100. Tapi kalo cukup dgn kamera saku yg agak bagus bisa coba canon s95 atau nikon p300.

  • nikkorku said:

    NEX-7 dan NX200 yang perlu dicermati karena menggunakan sensor APS-C yang setara dengan SLR Digital saat ini. Apalagi resolusinya melebihi rata-rata SLR Digital APS-C yang saat ini masih di 18 MP.

  • arum said:

    minta saran.
    saya beli kamerea saku mereknya olympus fe -47
    kemungkinan besar saya tidak bisa mengoprasikannya…sebelumya selama ini beli camera nikon yang coolpix tapi rusak lcdnya
    jadi memakainya hanya auto langsung dari seting tokonya
    saya beli mereknya olympus fe -47 karena resulusinya lebih besar dari sebelumnya (nikon) 14 mega pixel zoomnya 5x
    tapi kok hasilnya tidak memuaskan…alias pecah gambarnya….
    minta sarannya….
    terima kasih……………..

  • admin KG (author) said:

    Kalau hasil fotonya pecah karena memang kamera saku dengan sensor kecil hasilnya seperti itu, tidak akan maksimal.

  • helmy said:

    mohon saran…,klo compare review ,hasil kualitas jepretan dan video antara nikon P7100 & Canon G12 , bagus mana ya? soalnya ini mo beli compare dengan dua camera tsb ,jd bingung?
    mohon masukannya yg sekalian competible utk bs nambah adapter

    trimakasih

  • Xixi said:

    Kak,aku lagi mau beli kamera pocket.. Keperluan Sih Lebih untuk photoself butuhnya itu yang kualitas gambarnya kaya dslr harga dibawah 2,3 jt :)