lumix-gx1

Lumix DMC-GX1 lengkapi jajaran kamera mirrorless Panasonic

Lengkap sudah jajaran kamera mirroless dari Panasonic, mulai dari yang mungil dan simpel yaitu Lumix GF-3, yang mirip DSLR yaitu Lumix G3 dan yang baru saja diumumkan hari ini adalah Lumix GX1. Dari namanya kita tahu kalau ini adalah varian baru yang bukan penerus seri sebelumnya, karena GX1 ditargetkan untuk yang serius di fotografi namun perlu kamera kompak yang ringkas. Dari tampilan luarnya mudah disimpulkan kalau GX1 adalah kelahiran kembali GF-1 dengan desain yang retro dan keren, dengan pilihan warna hitam atau silver.

gx1k_front

Layaknya kamera micro Four Thirds lainnya, Lumix GX-1 punya sensor 4/3 dengan lensa yang bisa dilepas. Kali ini Panasonic membenamkan resolusi 16 MP pada keping sensor CMOS di GX1, bersamaan dengan fitur layar sentuh dan video dengan kompresi MPEG-4 lengkap dengan tata suara stereo. Sebagai lensa kit diberikan lensa Lumix dengan fokal 14-42mm f/3.5-5.6 OIS yang ada dua versi, yaitu versi biasa dan versi X. Bedanya kalau versi X lensanya bisa maju mundur seperti lensa kamera saku sehingga ukurannya saat sedang masuk akan sangat kecil. Namun lensa X tidak punya ring untuk manual zoom, sebagai gantinya tersedia tuas zoom di sisi kiri lensa layaknya kamera saku biasa.

gx1k_top

Karena tergolong kamera kompak, Lumix GX1 tidak menyediakan jendela bidik elektronik. Bila dirasa perlu, kita bisa membeli terpisah sebuah jendela bidik eksternal¬†DMW-LVF2 yang dipasang di atas flash hot shoe. Tanpa adanya cermin (sesuai arti kata ‘mirrorless‘) maka tidak ada auto fokus yang cepat khas DSLR, sebagai gantinya dipakailah metoda deteksi kontras untuk mencari fokus. Untungnya Lumix GX1 memiliki kecepatan mencari fokus yang tergolong cepat dan hampir menyamai kinerja auto fokus DSLR, yaitu sekitar 0.1 detik saat cahaya cukup dan 1 detik saat kurang cahaya. Terdapat beragam metoda auto fokus seperti face detection (mendeteksi sampai 15 wajah sekaligus), AF tracking, 23-area, 1-area dan pinpoint focus. Kita bisa juga menentukan mana yang ingi dibuat fokus dengan menyentuh sebuah titik di layar LCD, atau bila ingin manual fokus bisa dengan menggeser indikator di layar.

gx1k_back

Dengan harganya yang cukup mahal, Lumix GX1 tampak lebih cocok untuk fotografer serius yang mencari kamera kompak namun tidak kompromi terhadap kinerja, hasil foto dan fitur kamera. Sayang layar LCD berukuran 3 inci di kamera ini tidak bisa dilipat, apalagi diputar.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..