Home » kamera DSLR

Perbedaan antara lensa fix 35mm dan 50mm

20 November 2011 75,883 views 75 Komentar

Lensa fix yang paling populer dari dulu tentu adalah lensa 50mm. Alasannya karena fokal 50mm punya sudut gambar dan perspektif yang normal, persis seperti mata manusia memandang. Oleh karena itu lensa fix 50mm begitu mudah dijumpai di pasaran, baik merk Canon, Nikon, Pentax maupun Sony. Seiring dengan masuknya era DSLR dengan sensor APS-C, yang memiliki crop factor 1,5 x maka fokal efektif lensa fix 50mm menjadi setara dengan 75mm sehingga sudah tergolong agak telefoto. Maka itu produsen DSLR kini membuat lensa fix 30mm (Canon) atau 35mm (Nikon) khusus untuk sensor APS-C, sehingga akan memberikan fokal efektif 50mm bila dikali 1,5. Nah, pertanyaannya lalu apakah lensa 50mm jadi tidak relevan untuk dipilih oleh pemilik DSLR APS-C?

Jadi di pasaran saat ini kita bisa memilih dua lensa fix normal yang panjang fokalnya tidak banyak berbeda, yaitu 35mm dan 50mm. Keduanya punya bukaaan besar, ketajaman prima, bokeh yang baik dan harga yang murah (untuk versi f/1.8). Lalu mana yang lebih baik untuk dipilih? Pilihan dimulai dari melihat kamera yang dipakai, kami asumsikan anda memakai DSLR dengan sensor APS-C dengan adanya crop factor.

nikon-af-s-35mm-f18

Jawabannya bila anda memang menghendaki fotografi 50mm, ambillah lensa 35mm (atau 30mm untuk Canon). Fokal 35mm sebenarnya masih tergolong wideangle, namun akan setara dengan 50mm bila dipasang di DSLR APS-C. Dengan lensa ini, kita masih mendapat bidang gambar yang masih cukup lebar tanpa ada distorsi yang berarti. Artinya lensa ini lebih fleksibel untuk dipakai di ruang sempit atau jalan-jalan. Kekurangan lensa ini adalah karena fokalnya yang cuma 35mm, bila dipakai untuk membuat potret wajah secara close-up (wajah dan bahu) maka kita perlu berada cukup dekat dengan obyek yang difoto. Kekurangan lainnya adalah bokehnya yang masih kurang blur (untuk lensa 35mm f/1.8).

canon-nikon-50mm-f1-8-lenses

Tapi bila anda memang menyukai foto potret close-up, lensa 50mm lebih baik untuk dipilih. Alasannya, dengan fokal 50mm dan sensor APS-C, maka fokal efektif akan menjadi 75-80mm yang lebih bersifat telefoto. Memiliki satu lensa 50mm f/1.8 sudah cukup untuk bekal anda memulai hobi foto model, misalnya. Lensa 50mm f/1.8 ini pun sangat murah. Misal untuk lensa Canon EF hanya 800 ribuan, Nikon hanya 1 jutaan (versi AF) dan 1,9 jutaan (versi AF-S). Bokeh yang dihasilkan dari lensa ini pun sangat bagus, tidak terlalu kalah dengan lensa mahal seperti 50mm f/1.4 misalnya. Kekurangan lensa ini adalah kurang efektif untuk dipakai di dalam ruangan yang sempit, dimana kita tidak bisa mundur lagi untuk mencari komposisi yang diinginkan. Selain itu karena Canon atau Nikon tidak punya stabilizer di bodi, maka kita perlu lensa dengan stabilizer khususnya lensa dengan fokal diatas 50mm. Tapi Canon maupun Nikon rupanya memutuskan untuk tidak memberikan fitur stabilizer (IS/VR) pada lensa 50mm mereka, baik yang f/1.4 atau yang f/1.8. Maka itu saat memakai lensa 50mm, hindari memakai shutter speed lambat (dibawah 1/60 detik) supaya resiko foto blur akibat getaran tangan saat memotret bisa dihindari.

Bagi pemakai Nikon..

Catatan khusus Nikon AF-S 35mm f/1.8 DX dan AF-S 50mm f/1.8 ada beberapa perbedaan teknis :

AF-S 35mm f/1.8 (2,1 juta) :

  • lensa DX, tidak bisa untuk DSLR full frame
  • ukuran kecil, diameter filter 52mm
  • tanpa jendela distance scale
  • bukaan terkecil f/22

AF-S 50mm f/1.8  (2 juta) :

  • lensa FX, bisa untuk DSLR full frame maupun DX
  • ukuran agak besar (lebih besar dari lensa 50mm f/1.8D lawas)
  • diameter filter 58mm
  • punya jendela distance scale
  • ada weather seal di dekat mount
  • bukaan terkecil f/16

Related posts:

  1. Perbedaan prinsip kerja motor AF pada kamera DSLR
  2. Pilihan lensa ekonomis untuk DSLR pemula
  3. Panduan memilih lensa DSLR
  4. Lensa Canon vs Lensa Nikon
  5. Mau pakai lensa Nikon di DSLR Canon? (Uji singkat Novoflex adapter)

75 komentar »

  • radit said:

    Mas saya mau tanya kenapa untuk 50mm f1.4 dengan 50mm f1.8 itu kok perbedaan harganya jauh ya?

  • fulgensius said:

    wah..kebetulan sekali saya lg bingung mau milih ya mana,soal nya saya pake nikon d7000(APS-C),bagus nya lensa yang 35mm ya mas..?tp kalo ada rezeki mau up grade ke FullFrame,jadi takut ga ke pake nnt nya,klo skr 50mm pasangan kamera DX, kekurangan yg paling mengganggu apa aja mas..dan (straigth to the point) aja..mas gaptek nganjurin beli yang mana?

  • admin KG (author) said:

    @ radit : Lensa 50mm f/1.4 dan f/1.8 perbedaan stop aperturenya tidak sampai 1 stop, tapi harganya bisa dua kali lipat lebih. Mengapa? Karena desain lensa f/1.4 lebih sulit, kualitas dan ketajaman optiknya juga lebih bagus, dan bokehnya lebih blur. Selain itu, produsen juga pintar dengan strategi dagang mereka, karena lensa f/1.4 biasa dicari oleh profesional maka harganya pun dibuat lebih mahal.

  • admin KG (author) said:

    @ fulgensius : Untuk D7000 bisa pakai lensa AF 50mm f/1.8D yg harganya 1 juta (lihat contoh gambar di atas). Memang lensa AF-D ini auto fokusnya bukan tipe silent (spt lensa AF-S) melainkan masih ditenagai oleh motor di bodi, tapi kecepatan AF-nya lumayan cepat. Keuntungan lain dari lensa AF-D ini adalah adanya ring aperture di lensa, yg bisa dimainkan kalau mau rekam video. Lensa AF-S 50mm f/1.8G lebih kami rekomendasikan untuk pemilik D3000 series, D5000 series dan D40/D60.

  • masbowo said:

    Masih belajar :) Ijin menyimak bos

  • Rezza Fachlevi said:

    Saya baru pemula bgd mas admin.
    Saya punya Camera Nikon D3100. Saya kepengen punya Lensa fix. jadi lebih baik yg 35mm atau 50mm. Trimakasih jawabannya..

  • Palgunadi said:

    Mas Erwin, minta saran lensa apa yg enak dan nyaman dibawa tur, sy punya EF 24-70 f/2.8 L dan EF 70-200 f/2.8 L, kamera sy tipe sensor APS-C juga cm rasanya dengan kedua lensa sy tersebut sangat berat kalo dibawa2 tur, hanya saya jg pengin hasilnya bagus..misal tajam dan bokeh..:), terima kasih mas

  • mastegoeh said:

    saya baca di salah satu situs (Camera Labs) Nikkor AF-S DX 35 F/1.8G, kok bisa dipakai di D700 (Full Frame) dan tidak kalah dengan ketajamannya dengan AF-S 35 F/1.4G dan AF-D 35 F/2.0 yang notabene lebih mahal, kalau begitu lensa yang lebih murah belum tentu hasilnya tidak lebih baik daripada lensa yang lebih mahal.

  • admin KG (author) said:

    @ Palgunadi : untuk piknik kan tidak terlalu butuh kualitas, jadi bisa aja punya satu lensa sapujagad seperti 18-200mm yg praktis dan cukup kecil.

    @ mastegoeh : lensa DX kalau di pakai di kamera FX akan ada crop resolusi sensor (di menu ada pilihan untuk DX mode). Kalau tidak di crop maka foto akan tampak apa adanya dengan muncul vignetting.

  • mastegoeh said:

    Artinya yang jadi masalah adalah crop faktornya ya ? sedangkan ketajamannya tidak jadi masalah ? thanksnya jawabannya mas …

  • Mazucup said:

    direkomendasikan untuk D3000 series, D5000 series dan D40/D60 bagus u/ AF-S 50mm. kebetulan saya punya D300s nikon,,,apakah saya salah pilih ya??

  • admin KG (author) said:

    @ Mazucup, kalau D90, D7000 dan D300 sih beli lensa AF 50mm yg tipe D seharga 1 juta aja sudah bisa auto fokus. Kualitas optiknya tak kalah dgn yg versi AF-S, demikian juga dengan kecepatan fokusnya yg masih cukup cepat untuk ukuran lensa AF-D.

  • Jemmy said:

    Dear Admin,
    Yang membedakan kalo di D90 pake AF 50mm 1.8D sama pake AF-S 50mm 1.8G apa ya? dengan harga yg lebih mahal apakah AF-S 50mm 1.8G ada kelebihannya?
    Thank’s

  • admin KG (author) said:

    Kelebihannya adalah bisa manual fokus override secara instan. Tapi lensa AF-D lama bisa bermain diafragma dari lensa, bisa dimanfaatkan untuk merekam video.

  • iwan said:

    Dear admin mau tnya nih,compitibel ga kalau lensa 50mm f1,4G di pakai di d3000.thx

  • admin KG (author) said:

    Lensa AF-S 50mm f/1.4G bisa dipakai dan bisa auto fokus di D3000.

  • iwan said:

    Dear admin,kalau untuk lensa makro yg di rekomendasikan untuk d3000 lensa apa ya?mohon pencerahannya.thx

  • admin KG (author) said:

    Jarak jauh (serangga dsb) AF-S 105mm VR, jarak dekat (food, perhiasan dsb) AF-S 40mm atau 60mm.

  • dulmarkodul said:

    oom mimin maw tanya ni,,kl lensa nikon AF 50mm f/1,8 tu bener2 manual ya,,alias setting f nya jg dilensa ga bisa lewat kamera? kamera ane D5100,,ataw mungkin ada saran untuk lensa lain?

  • admin KG (author) said:

    Karena kameranya D5100, lupakan lensa ini. Sebagai gantinya, ambil AF-S 50mm f/1.8G yg sudah punya motor AF dan tanpa ring aperture.

  • iwan said:

    dear admin,mau tanya lagi nih.kalau lensa d300s itu beda ya dengan lensa d7000 atau kamera nikon yang biasa.soalnya dengar2 lensa untuk d300s beda karena kamera itu semipro.mohon pencerahannya lensa yang compitibel dgn d300s.thx

  • dulmarkodul said:

    trimakasih jawabannya,,
    tetapi kalo seandainya tetep dipaksain hasil fotonya ada pengaruh ga? spt jadi ga sebagus AF-S gt,,maklum hasrat menggebu tp dana terbatas,,
    tanx,,

  • admin KG (author) said:

    @ Iwan : Lensa untuk D300s dan D7000 sama saja, bisa DX bisa non DX. Tapi untuk DSLR D700 atau D3 baru beda, mesti lensa non DX (full frame).

    @ Dul : Lensa Nikon AF atau AF-D bila dipasang di D5100 cuma bisa manual fokus, tapi fungsi lainnya jalan seperti metering dan distance scale.

  • iwan said:

    Berati lensa untuk d300s tidak ada beda ya dengan kamera non full frame?soalnya byk yang mengatakan lensa untuk d300s hrs yg suport full frame

  • admin KG (author) said:

    Mungkin karena lensa full frame itu identik dgn lensa pro, umumnya punya ketajaman yg baik dan alangkah sayangnya kalau kamera pro sekelas D300s dipasangkan dgn lensa yg kurang baik seperti lensa kit 18-55mm atau 18-105mm.

  • Dani said:

    kang admin, antara 35mm dan 50mm bisa ngga buat foto lanscap, klo bisa mana yg lebih bagus kang, makasih sebelumnya…..

  • anggaelmeey said:

    Ikut menyimak…
    sangat membatu om…
    soalnya baru beli D7000 trus sekalian mw beli lensa FIX nya….^_^
    salam j-pret

  • Nukman firdaus said:

    Tiga tahun lebih saya mengikuti artikel-artikel KG,sebelum saya memiliki kamera apapun hingga kini punya sebuah DSLR.ulasan-ulasan dari KG sangat jelas dan mudah di cerna,sangat cocok buat pemula yang sedang belajar fotografi seperti saya.
    Namun demikian saya masih tetap bingung menjatuhkan pilihan pada dua lensa afs-50mm yang bokehnya lebih creamy atau afs-35mm yang lebih banyak berguna pada pemotretan indoor..bingung :’(
    Buat KG saya sampaikan terima kasih,semoga amal anda dibalas oleh yang Maha Kuasa dengan pahala yang berlimpah.
    Amin.

  • mega said:

    Kalau kamera saya D3100 yang tidak menyediakan lensa motor AF, apakah bisa lensa nya yang 50mm f 1.8G lens digunakan pada kamera saya? Berapa harga 50mm f 1.8G lens sekarang ya? Mohon dibantu. Terimakasih.

  • mugiwara said:

    Misi om…
    kalo nikon 50 afd sama yang non D (lebih jadul) bagusan yang mana yah?

    -terimakasih-

  • pidi said:

    kang admin,. saya make D90,.. saya mau beli lensa fix,…
    stelah sya baca dari komentar di atas,. ada 2 pilihan,..
    AF 50mm yg tipe D dan AF-S 50mm 1.8G
    jadi yg lbih optimal apa kang??? biar ngak da pnyesalan,..
    thanks kang admin….

  • admin KG (author) said:

    Untuk D90 bisa memilih yg AF-D atau AF-S, sama aja kualitasnya. Bedanya di harga dan diameter filter. Selain itu AF-D masih pakai manual diafragma sehingga bisa dimanfaatkan untuk merekam video dgn eksposur konstan.

  • obay said:

    permisi kk admin,
    sy mau tanya temen saya kan bli lens AF-S 50mm 1.8D
    tp pas di pasang di kamera D90 kok ad tulisan error’y ya..
    mohon solusi’y kk saya bingung..!!
    mksh ka admin,,!!

  • admin KG (author) said:

    Mesti dirinci lagi errornya seperti apa, lalu apakah saat memasang lensa ada prosedur yg salah atau memang lensa itu dipasang di kamera lain juga akan menghasilkan error atau tidak.

  • obay said:

    sudah di coba kk di kamera lain jg error, bisa beri tau sy saat di pasang di kamera itu diagfragma apakah harus di bukaan 22 ato gmn, ato gmn cara’y pasang lensa yg baik kk..!!

  • iwan dude said:

    halo ni..
    saya ada masalah ni..
    saya pake Nikon D90..
    td lg asik jepret” tiba” miror di dalem kamera nganceng(berhenti kayak pake low speed.. n gag kembali..
    trz ada tulisan err pada layar display atas..
    saya coba lagi miror bisa kembali tapi tulisan err tu masi.. n gag bisa jepret lg..
    udah ganty SD n Lensa juga sama ajh…
    kira” kenapa tu ya..??
    dan saya harus lakukan apa?
    mohon penjelasannya..
    tolongya..!!!

  • admin KG (author) said:

    Iya, putar dulu ring diafragma ke bukaan terkecilnya baru dipasang.

  • admin KG (author) said:

    Itu tandanya shutter unit sudah rusak, siap-siap untuk ganti unitnya seharga 1 jutaan di service resmi Nikon. Coba dicek juga pada foto terakhir, berapa shutter count yg tercatat? Mestinya sudah diatas 50 ribu tuh.

  • coolmn said:

    om admin, lensa fix yang pas buat nikon d3100 apakah 35 mm atau 50 mm ? mohon penjelasanya kelebihan lensa tsb bilan dipasangkan dg D3100. Trim’s :)

  • ahmad said:

    punya pengalaman yang sama dengan obay

    kamera sama dengan lensa yang sama. ternyata setelah saya coba mesti di bukaan 22 biar ga muncul pesan error

    semoga membantu :)

  • anwar said:

    lam kenal gan,sy pemula di fotografi. kamera sy canon 550D, mau tanya gan lensa yg cocok untuk foto2 keluarga dan landscape biar hasilnya fokus dan tajam pada objek pakai lensa apa ya? saudara sy pakai fix 52mm yg 1jtan ktnya kurang fokus,mohon masukannya gan,trims

  • Yugous said:

    Masbro, berarti lensa AF-S 50mm f/1.8G cocok buat Nikon D5100 yah?
    Makasih masbro..

  • gunawan said:

    Mas bro, mau ikutan nanya nih, kamera ane nikon d3100 n setelah baca review ini ane putusin buat beli afs 50mm f/1.8g tapi ane cari di beberapa toko kamera stok lensa ini ga ada,. ada info ga ttg keberadaan lensa ini? ane juga mau tanya untuk alternatif better afs 35mm atau afd 50mm?
    thanks buat responsenya,.

  • apriandi said:

    mas gaptek,…kalo diameter filternya yang brapa ya untuk 50mm????saya ketika beli dikasihnya yang 52mm,…tapi ternyata kekecilan….terima kasih…

    update : maaf baru baca lengkap sudah dibahas diameter filter 58mm yah Mas….terima kasih…

  • Otni said:

    Mas Bro, mohon info dimana beli lensa AF-S 50 f/1.8G kok agak susah nyarinya? tks.

  • endro said:

    maaf nanya. saya ngga faham fotografi. baru beli D300s + tamron 17-50mm f/2.8.
    penjelasan diatas kurang jelas bagi saya.
    pingin lensa fix yang hasilnya paling tajam & dapat perspektif normal.
    saya bingung antara 50mm f/1.8 (katanya paling tajam) tapi secara hitungan mungkin jadi 75mm (perspektif tidak normal, koreksi jika salah) atau 50mm f/1.4 atau 35mm f/1.8?
    kalau pilihannya 50mm f/1.8 & 50mm f/1.4 tajam mana?
    jawabannya sangat saya tunggu. terimakasih :)

  • admin KG (author) said:

    Untuk mendapat perspektif normal di D300s, anda perlu lensa fix 35mm (bukaan bisa yg f/1.8 atau 1/4)

    Soal ketajaman sih relatif ya, di bukaan maksimal lensa fix memang agak soft. Lensa 50mm f/1.8 bisa dibilang mulai tajam di f/2.2 sedangkan lensa 50mm f/1.4 mulai tajam di f/1.8. Jadi kalo anda perlu lensa yg tajam di f/1.8 ya belilah yg f/1.4 (meski harganya beda banyak).

  • kiddo said:

    nyuwun sewu oom admin..
    saya mw tanya, saya pake d90 dan tertarik pasang lensa 35mm ada kekurangan ato kelebihanya g.??
    dan klo lensa yg recommended buat landscape d90 apa aja ya.??
    matur nuwun..
    :)

  • anwar hidayat said:

    @mas gunawan : mungkin saran saya mas gunawan menunggu saja sampai stock afs 50mm f1.8G keluar karena memang itu lensa “best seller” banget.

    for all : dari review video2 yang saya lihat, lensa afs 50 mm vs afd 50mm memang lebih bagus yang AF-s , baik itu di pasang di D90 (motor in) tapi kalo budget kgk sampai bisa dipilih yang AFD saja karena lebih murah.

    untuk pemilihan lens AFS 50mm f1.8G v 50mm f1.4G , bokeh hampir sama cuma beda tipis sekali , tetapi untuk deep of field atau ketajaman gambar ternyata lebih menang yang f1.8G (amaizing) maka dari itulah lebih best seller yang 1.8G.

    note : untuk nikon D3000, D3100, D5000, D3100, D3200 lebih disarankan memakai lensa AF-S. karena lensa AF-D tidak bisa “auto focus” di kamera tersebut.

    maaf bila ada salah kata . salam KG .

  • andy said:

    mas mau tanya kalau di d3100 bisa pake lensa Nikon AF 50mm f/1.8D?? sangat ganggu gk klo tidak ada motor dibodynya

  • gustu said:

    om admin,, tolong recomen utk nikon D5100nya dnk,, untuk lensa fix yg mana yg pas,, masih baru banget megang kamera,, hehehee,, bedanya af-s dan af-d itu apa om admin?? tengkyu,,

  • admin KG (author) said:

    Lensa AF-D kalo sekedar dipasang dan dipakai bisa tetapi tidak bisa auto fokus. Untuk itu sebaiknya pakai lensa AF-S 50mm f/1.8 saja.

  • bagus said:

    om admin mau nanya nich.. aku kan punya nikon d90.. nah aku pengen punya lensa yg bisa buat makroan…. apakah lensa yg tepat buat kamera ku itu??? apakah lensa 35mm atau 50mm itu bisa dipake?? atau ada saran lensa yang laen ? soalnya dana juga terbatas nich… hehehe makasih om admin,,,, salam jepret

  • admin KG (author) said:

    Lensa 35mm dan 50mm bukan lensa makro dan kemampuan fokus terdekatnya tidak mendukung untuk itu. Makro bisa memakai lensa khusus makro atau untuk solusi hemat bisa pakai berbagai teknik seperti reversed lens, tube dan close up filter.

  • anan said:

    Om admin,sy pemula pakek nikon d5100,lensa55-105mm,saya pengen bl lensa wide.apakah lensa AF-S 50mm f/1.8 baik tuk saya,krn kl buat jln2 biasa lensa 55-105mm rasanya terll besar,makcih sebelmnya..

  • admin KG (author) said:

    Lensa 50mm bukan lensa wide, kalo untuk jalan2 baiknya 35mm aja.

  • rx said:

    mau nanya ni, ku pake nikon d3000 dengan lensa kit masih bawaan dari nikon d3000, masalah yg ku alami adalah ketika digunain tuk motret orang atau benda gerak tu susah tuk dapat gambar yg fokus.. sering dpt gambar blur.. kira2 ada yg tau g knpa tu..? mkasaih

  • tjitro said:

    Om Admin,

    Saya baru coba coba belajar dan beli nikon v1, kira2 lensa fix apa yang cocok buat v1? adapter lenses ft-1 saya sudah beli, cuman masih bingung mau pasang lensa fix yang mana?

    thank u…

  • admin KG (author) said:

    Untuk Nikon 1 perlu lensa dengan mount CX dengan crop factor 2,7x so anda perlu lensa fix 10mm pancake.

  • Bagong said:

    Permisi numpang nanya,
    Untuk lensa fix Nikon AF-S 50mm f/1.4G itu sudah ada fungsi macronya ga???Ato cuma lensa fix saja…

  • rafa said:

    Oom Admin

    mau tanya saya pakai D 3000 pas dipasang Lensa AF 50mm f 1.8D mengapa bisa digunakan Appature 22 (krn di lock) dan bagaimana caranya supaya bisa pakai sd 1.8

  • admin KG (author) said:

    Semua lensa Nikon lama yg masih ada ring aperture kalau mau dipasang di DSLR Nikon harus diputar ke bukan terkecil (misal f/22) lalu dikunci. Kalau tidak begitu maka akan muncul error fEE di layar. Cara untuk memakai f/1.8 ya pakai mode A (aperture priority) atau mode M (manual) dan putar roda yg ada di belakang dengan jempol kanan.

  • admin KG (author) said:

    Lensa fix spt 50mm tidak bisa makro, tapi lensa makro umumnya fix (misal 105mm, 80mm dsb) hanya saja bukaannya paling besar f/2.8

  • Dwicahyo said:

    Om Admin,
    mau tanya juga. Kalau kamera saya Canon 600D, kira2 cocok pakai yang mana? Tks. sebelumnya.

  • admin KG (author) said:

    Untuk Canon pilihannya 30mm dan 50mm. Sama seperti uraian diatas, 30mm untuk general purpose dan 50mm untuk potret.

  • ocat said:

    om admin, saya kan pengguna D7000, tadinya mau beli fix 50mm 1.8 G,,, emang lensa itu buat format fx ya? berarti di d7000 ngga bisa dong ? tolong penjelasannya ya

  • admin KG (author) said:

    Lensa Nikon tanpa kode DX artinya bisa dipasang di bodi full frame, film dan DX (APS-C). Jadi lensa 50mm f/1.8G bisa dipakai di D7000.

    Lensa DX, bisa juga dipasang di bodi full frame, tapi hasil fotonya akan ada lingkaran hitam di pojoknya. Hal ini beda dengan Canon dimana lensa EF-S tidak bisa dipasang di bodi full frame.

  • yudha said:

    Gan, ane pke nikon d90+ 50mm f1.8D. Nah ini f nya emg ngatur di lensa ya gan, gak bisa dikunci trs ngatur di body gt? Trs metering nya gk muncul, apa emang harus pake feeling gt ya metering nya? Thx gan.

  • putra82 said:

    mas bro…..
    lensa sigma, tamron, zeiss destagon dan samyang sebenarnya fungsinya untuk apa aja.
    cocok ngak untuk d90 dan d7000
    makasih atas jawabannya mas bro.

  • admin KG (author) said:

    Lensa Nikon lama (tanpa kode huruf G) memang masih pakai ring aperture, tapi di DSLR Nikon mengaturnya cuma bisa lewat kamera. Untuk itu di lensa harus diputar ke angka f terbesar (bukaan terkecil) lalu dikunci. Soal metering lensa 50mm AF-D sudah bisa kok, kecuali lensa AF jadul.

  • Airen said:

    MAs, tanya dong. Kamera saya Nikon d5100, nah kira2 lensa apa ya yg bokehnya keren n fokusnya tajem buat kamera ini?
    makasih :D

  • eko said:

    kaka admin,,kalo lensa tamron 18-200mm cocok gk buat di outdoor,,kl gk cocok kira2 yg cocok apa ya,,mohon bantuannya.

  • admin KG (author) said:

    Maksudnya outdoor tuh gimana ya? Soalnya kan banyak parameter, coba ditulis lebih spesifik misal mau motret landscape, mau tele, mau motret dalam segala kondisi cuaca dsb.

  • Darma said:

    mas mau tanya dunk.saya punya kamera dslr sony alpha 330.kemaren saya beli yg wide angle.yg sekalian ada buat ft makronya.saya sdh punya lensa standard,tele ( 75-300 ) dan wide anglenya + makronya.nah saya pengen tanyakan ,kalo harga lensa fix buat sony alpha yg 50mm dan 1.8 harganya kira2 brp ya mas..?mohon pencerahannya.thank you.

  • admin KG (author) said:

    Sony 50mm f/1.8 DT harga 1,3 jutaan.