xpro1_with_lenses

X-Pro1, Kamera mirrorless pertama dari Fuji

Seakan belum puas dengan mengumumkan sekaligus 30 kamera baru beberapa hari lalu, Fujifilm kini membuat kejutan lagi dengan meluncurkan kamera mirrorless pertama mereka, sekaligus kamera saku profesional berdesain retro yang bernama Fuji X-Pro1. Sensor yang dipilih Fuji tidaklah sekecil Nikon One ataupun Micro Four Thirds, tapi sensor APS-C yang lebih dahulu sudah dipilih oleh Sony NEX dan Samsung NX. Fuji menamai mount mereka dengan nama X-mount dan beberapa lensa sudah disiapkan untuk dipilih.

Kamera made in Japan yang kemungkinana akan dijual seharga 16 juta body only ini berbalut magnesium alloy dengan roda pengatur shutter speed layaknya kamera film manual. Bila kamera mirrorless lain hanya punya jendela bidik elektronik, maka Fuji X-Pro1 punya jendela bidik hybrid yaitu bisa optikal maupun elektronik, hanya dengan memindahkan tuas di bagian depan kamera. Jendela bidik optiknya punya cakupan 90%, bila ingin mendapat cakupan 100% maka pindahkan saja ke jendela bidik elektronik yang tajam dengan 1,44 juta titik.  Kamera yang mampu memotret hingga 6 foto per detik ini juga punya rentang ISO 200-6400, seperti DSLR pada umumnya. Fitur lainnya tergolong standar untuk ukuran kamera tahun 2012 seperti 24 fps full HD movie dengan kompresi H.264, berbagai mode bracketing, flash hot shoe dan mode simulasi film untuk hasil bervariasi.

xpro1_with_lenses

Tersedia tiga lensa Fujinon XF sebagai pilihan paketnya dan uniknya ketiganya adalah lensa fix, yaitu fix wide 18mm f/2.0 (setara 27mm), fix normal 35mm f/1.4 (setara 52mm) dan fix potret dan makro 60mm f/2.4 (setara 90mm). Lensa zoomnya akan menyusul di tahun ini juga, yang semestinya adalah lensa 18-55mm.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

4 thoughts on “X-Pro1, Kamera mirrorless pertama dari Fuji”

  1. Sebenernya Fuji X-Pro 1 bukan kamera mirrorless pertama Fuji. Sebelumnya Fuji udah ngeluarin kamera mirrorless 2 buah: Fuji X10 dan Fuji X100.

  2. “Fujifilm mengungguli reputasinya sebagai perusahaan kamera berkualitas dengan model mirrorless pertamanya, X-Pro1. Dengan menggabungkan beberapa inovasi, hybrid viewfinder yang disematkan dalam desain retro yang ramping,” ungkap tim editor CNET, di website resmi CES 2012.

  3. Om admin,mohon pencerahannya dong,, apa kamera mirorless itu jg punya shutter mekanik, seperti shutter unitnya DSLR yg memiliki life cycle (shutter count)?? kenapa bisa lebih cepat ya dgn 6fps dibandingkan dgn DSLR entry level macam D3100 atau 1100D??

Comments are closed.