Home » kamera digital

Enggan bikin mirrorless, Canon hadirkan Powershot G1 X

20 January 2012 9,959 views 11 Komentar

Kamera mirrorless, atau kamera yang bisa berganti lensa namun tanpa cermin, sudah semakin populer. Alasannya kamera format ini bisa memberikan kualitas hasil foto yang sebaik kamera DSLR, bisa berganti lensa seperti DSLR namun dengan meniadakan cermin maka ukurannya bisa dibuat sekecil kamera saku. Bagi pemain besar DSLR seperti Canon dan Nikon, terjun di bisnis ini akan berpotensi mematikan penjualan DSLR mereka sendiri. Tak heran kalau Nikon lantas membuat kamera mirrorless mereka dengan sensor kecil, dan Canon bahkan tidak kunjung membuat kamera mirrorless apapun, setidaknya sampai saat ini. Canon justru memperkenalkan kamera saku Powershot seri G dengan sensor ekstra besar, sangat besar untuk ukuran kamera saku yang lensanya tidak bisa dilepas. Sambutlah Canon Powershot G1 X, kamera yang bentuknya mirip dengan Powershot G12 namun sangat berbeda dalam hal ukuran sensornya.

g1xsensor

Bodi Canon Powershot G1 X bahkan lebih bongsor dari kebanyakan kamera mirrorless. Bila dilihat dari ukuran sensornya, G1 X bahkan punya sensor yang lebih besar dari Four Thirds milik Olympus dan Panasonic, sensor G1 X hanya sedikit lebih kecil dari sensor APS-C, yaitu dengan diagonal 1,5 inci. Sebagai kamera dengan lensa yang tidak bisa dilepas, insinyur pembuat G1 X harus berjuang mencari kombinasi terbaik antara ukuran dan fokal lensa khususnya nilai aperture. Hal ini mungkin mudah untuk sensor kamera saku biasa yang kecil (1/2.3 inci) namun sangat tidak mudah untuk sensor sebesar 1,5 inci. Maka itu lensa G1 X dengan fokal 28-112mm f/2.8-5.8 adalah jawabannya. Jadi lupakan soal wideangle 24mm atau bukaan besar saat telefoto, untuk itu banyak kamera saku lain yang sensornya kecil.

canon-g1-x

Sensor besar yang dipakai canon G1 X membawa beberapa konsekuensi positif maupun negatif. Sisi baiknya jelas, hasil foto akan bersih dari noise pada pemakaian ISO yang lebih tinggi, layaknya kamera DSLR pada umumnya. Selain itu sensor besar juga akan membuat bokeh yang lebih baik, dengan latar belakang yang blur. Setidaknya inilah alasan kenapa orang enggan memakai kamera saku yang sensornya kecil. Canon sepertinya ingin menunjukkan bahwa kalau hanya ingin mendapat hasil foto yang bagus, seseorang tidak harus membeli DSLR atau kamera mirrorless dan berinvestasi dengan beragam lensa yang mahal.

powershot-g1x_rear

Secara umum fitur yang dimiliki kamera Canon G1 X sepadan dengan harganya di kisaran 7 jutaan, seperti bodi yang kokoh, flash hot shoe, layar LCD 3 inci yang bisa dilipat, manual eksposur lengkap dengan roda kompensasi eksposur, built-in ND filter, ISO 12800, 14 bit RAW dan full HD stereo dengan kemampuan fokus kontinu (tidak seperti pada DSLR Canon) tapi belum ada info apakah G1 X bisa melakukan zoom optik saat merekam video. Kecepatan burst G1 X agak mengecewakan dengan 4.5 fps sampai 6 gambar, lalu melambat sampai 1,9 fps saja. Bila dipakai untuk memotret, baterai G1 X bisa bertahan sampai 250 kali jepret, sebuah angka yang cukup biasa saja. Terdapat jendela bidik optik yang umum dijumpai di kamera seri G lainnya, meski bukanlah jendela bidik seperti pada DSLR sehingga memungkinkan kesalahan paralaks saat mengkomposisikan gambar melalui jendela bidik ini.

Related posts:

  1. Minor update dari Canon : Powershot G16 dan S120, serta lensa EF-S 55-200mm STM
  2. Canon Powershot SX200IS, mungil dan powerful
  3. Banjir kamera baru Canon PowerShot

11 komentar »

  • MAS RIS said:

    Kualitas gambar Canon memang tak bisa diragukan lagi. Tapi terus terang saya nunggu keluarnya produk pesaing canon yaitu Nikon pengganti dari Nikon P7100. Nikon punya lensa lebih multiguna, yaitu 28-200, ketimbang Canon yang hanya 28-112… Persaingan memang bakalan keras. Nikon kalah langkah dibanding Canon. Karena banjir Thailand Nikon baru mengeluakan produk-produk barunya bulan Maret, masuk Indonesia paling cepat Agustus-an ya?

  • Royyan said:

    mas gaptek…. menurut mas, kalo dibanding dengan olympus xz-1 dan saudaranya sendiri canon S100, mana yang layak dipilih dari segi
    1. harga, which is worth to buy?
    2. Image Quality ?
    3. Feature ?
    thanks yo mas buat jawabannya …

  • Royyan said:

    nyambung yang tadi ya mas,… ato kalo harganya sampe 7 jtan, kalo dibanding dengan canon eos 550D ef-s 18-135 lebih worth dslrnya donk ya mas… kira kira knapa canon bikin kamera kecil yang speknya mirip dslrnya, kan orang cenderung milih dslrnya kalo gitu???

  • admin KG (author) said:

    Halo mas Royyan, coba jawab ya :
    1. Semuanya punya selling point tersendiri. Tapi harga vs fitur yang berimbang adalah Olympus XZ-1.
    2. Untuk image quality pasti Powershot G1 X.
    3. Untuk fitur bisa bandingkan speknya.

    Kenapa Canon bikin kamera non DSLR dgn sensor besar tapi kemungkinan laku kecil, mungkin karena Canon adalah pemimpin pasar kamera yg manuvernya ditunggu byk pihak. Jadi membuat G1 X seperti simalakama buat mereka, tapi itulah faktanya. Kalau sekiranya ada yg suka dan dananya ada, tentu tidak masalah membeli G1 X.

  • rudi wijaya said:

    salam…
    saya mau nanya… menurut anda lebih bagus mana nikon P500 dengan Canon SX40 HS…. dan apakah canon SX40 tsb bisa dibuat foto blur/Bokeh?? dan kalo bisa kekurangan dan kelebihan masing2…

    thanks sebelumnya
    rgds
    rudi wijaya

  • admin KG (author) said:

    Dari spek masih unggul SX40 HS. Kamera dgn sensor kecil seperti ini tidak bisa bikin bokeh yg baik kecuali kalau dizoom maksimal dan rasio jarak antara kamera-obyek-latar harus tepat.

  • Chandra Haekal said:

    Harga 7 juta? wow dapet 1 motor bekas tuh. tapi emang sepadan ama produknya…

  • ovie said:

    Mending beli 550D. Buat temen 40D,, jd punya 2 body,spaya gk repot gnti lensa

  • masteg said:

    wah besar sensornya ya … tapi kalo dibandingkan dengan mirrorless sony nex c3, nex 5n atau sekalian bikin review kamera mirrorless yang memakai sensor aps-c (sony, samsung) ..

  • Yongky Kilunt said:

    Mau tanya om, saya remaja galau yg bingung mau beli kamera:

    1. Lebih baik mana Canon S100 dg G1X dilihat dri sisi positif dan negatifnya?
    2. Untuk dana segitu (7jtaan) lebih baik milih mana, 550D atau kedua kamera compact diatas?hehe

    Buat hobby, mohon bantuannya :D

  • admin KG (author) said:

    Lebih enak 550D karena bisa pakai banyak kemungkinan lensa.