lumix-tz30

Lumix TZ30, kamera saku dengan zoom terpanjang saat ini

Suatu hal yang dulu tidak terbayangkan adalah kamera saku yang punya lensa zoom yang amat panjang. Awalnya lensa pada kamera saku hanya bisa zoom dari wide 35mm hingga tele di 105mm alias 3x zoom saja, namun saat ini sudah banyak kamera dengan zoom mulai dari 24mm hingga ratusan mili dalam bentuk yang tetap kecil. Sebuah terobosan dilakukan Panasonic dengan meluncurkan kamera saku Lumix TZ30 (ZS20) dengan lensa Leica 20x zoom yang tercatat sebagai kamera saku dengan lensa zoom terpanjang saat ini.

lumix-tz30

Pertanyaan yang cukup menarik adalah apakah kita memang betul-betul memerlukan kamera saku dengan lensa zoom yang teramat panjang? Mungkin ada beberapa yang suka berkreasi dengan fokal lensa tele sehingga terobsesi untuk mencari kamera dengan lensa yang zoomnya panjang. Untuk mereka yang seperti itu boleh mencoba memiliki kamera mungil dengan fitur lengkap ini, yaitu Lumix TZ30 yang harganya sekitar 3 jutaan. Lensa yang dimilikinya sangat panjang untuk ukuran kamera saku, yaitu bermula dari 24mm dan berakhir di 480mm atau setara dengan 20x zoom optikal.

lumix-tz30top

Sebagai konsekuensi dari fokal lensa yang panjang ini, bukaan diafragma maksimum kamera TZ30 jadi mengecil dengan f/3.3 hingga f/6.4 sehingga untuk memakainya perlu mendapat cukup cahaya atau menaikkan ISO. Kondisi akan semakin rumit saat kita dihadapkan pada kenyataan bahwa menggenggam kamera saku sangat rentan goyang, sedikit saja getaran tangan saat memotret (apalagi pada fokal tele) akan mengacaukan hasil fotonya, walaupun fitur OIS diaktifkan. Tapi paling tidak kemampuan zoom dari lensa Leica ini perlu diapresiasi, terlebih bukan hal yang mudah mendesain lensa berkualitas namun punya zoom panjang dan bentuk cukup kecil.

lumix-tz30b

Fitur lain yang dimiliki kamera TZ30 cukup menarik seperti sensor MOS 14 MP yang disempurnakan untuk menekan noise, Nano lens coating untuk ketajaman dan ketahanan terhadap flare, manual mode P/A/S/M, GPS terintegrasi dan disediakan juga peta dalam bentuk DVD, progressive full HD stereo, dan layar LCD 3 inci yang bisa disentuh untuk mengatur fokus, mengakses peta hingga memotret.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

5 thoughts on “Lumix TZ30, kamera saku dengan zoom terpanjang saat ini”

  1. jadi pada intinya, besar zoom yang tidak normal pada kamera saku (biasanya kamera saku, zoom nya antara 3,2 – 5x)
    ini berpengaruh ke mana ya ?
    apakah kinerja jadi lambat atau jadi kurang bagus hasil fotonya ?

    mohon info nya bos, soale tertarik juga pengen punya kamera saku superzoom..

    ada review mengenati kamera pentax RZ10 ?

    1. Zoom makin panjang, bukaan diafrgama makin kecil, kamera makin kesulitan menangkap cahaya, ujung-ujungnya sering pakai ISO tinggi, hasilnya gambar jadi jelek.

  2. oo, jadi itu efeknya…terima kasih penjelasannya
    ada rekomendasi kamera saku yang bagus untuk range dibawah 2 juta
    yang bagus untuk foto malam hari

  3. Saya sangat menyukai fitur yang ada pada jajaran TZ series ini, benar-benar berbobot untuk yang suka travelling tapi tidak mau membawa kamera yang besar.

    Tetapi kelemahannya di seri yang sebelumnya Lumix TZ 10 yang saya punya masalahnya ada di batere (895 mAh). Baterenya cepet habis apalagi kalau semua fitur diaktifkan. Saya ga tau kenapa Panasonic membuat kamera saku travelling berfitur canggih tapi batere-nya kurang besar kapasitasnya.

    Bagaimana dengan TZ30 nih mas atau seri lain di PANASONIC khusunya di kapasitas batere ?

  4. Untuk jawaban mas firman, sepertinya batre bisa dikanibalin dengan batre lain, asal modal nekad aja hehe.,
    sekarang dah banyak batre2 kecil yang kapasitan ampernya besar, misalkan 4700mah ada juga yang sampai 10700mah,
    kita tinggal nyari yang ukurannya sama, tinggal ganti daleman batrenya, jadi kita hanya membutuhkan konektor aslinya saja dari batre bawaan.,

    Semoga tidak membantu 😀

Comments are closed.