fitur-tripod

Tips memilih tripod untuk travelling

Tripod tentu saja adalah aksesori wajib para fotografer. Peranti yang satu ini tidak kenal jaman, karena fungsinya dari dulu tetap sama yaitu sebagai ‘kaki’ kamera. Banyak kegunaan dari tripod saat travelling, seperti foto dengan self timer atau memotret pemandangan dengan efek kreatif. Tapi bepergian dengan membawa tripod kerap dianggap merepotkan karena ukurannya dan juga bobotnya. Kami akan membagi tips bagaimana memilih tripod yang cocok untuk travelling anda.

Pertama ada baiknya kita meninjau lagi jenis-jenis tripod yang ada di pasaran. Tripod secara umum terbagi dua yaitu tripod kamera foto dan tripod kamera video. Meski keduanya mirip, tapi ada perbedaan desain dan tentu saja fungsinya. Kali ini kita hanya akan membahas tripod yang untuk foto saja, dengan ciri ada ballhead di bagian atas untuk kebebasan komposisi, ada center coloumn untuk mengatur ketinggian tripod, serta ada tiga kaki yang bebas dilipat dan diatur panjang pendeknya.

fitur-tripod

Ditinjau dari bahan, kita bisa lihat juga ada tripod dengan bahan almunium dan bahan serat karbon. Bahan almunium relatif lebih murah namun kurang kuat, sedang yang serat karbon lebih kokoh namun cukup mahal. Keduanya punya bobot yang sama-sama ringan sehingga cocok untuk dibawa bepergian.

Saat memilih tripod, kita perlu menentukan dulu bobot kamera dan lensa (plus aksesori lain seperti flash) yang akan ditopang oleh tripod. Hal ini penting karena tiap tripod didesain untuk menahan bobot dengan nilai maksimum tertentu. Tripod yang dibebani melebihi kemampuannya bisa saja membuat kamera jadi miring bahkan jatuh, bahaya kan..

Nah, untuk  memilih tripod yang travel-friendly, ini dia tipsnya :

  • bila memungkinkan, carilah tripod yang sudah didesain khusus untuk travel sehingga fiturnya sudah dioptimasi untuk travelling
  • cari tripod dengan ruas kaki yang pendek tapi banyak, hal ini akan membuat dimensi tripod saat dilipat tampak kecil
  • carilah tripod yang ringan tapi kuat, misal berbahan almunium campur magnesium, atau serat karbon

sirui-t-025

  • kini ada juga tripod yang bisa berfungsi jadi monopod, sebuah kombinasi menarik walau agak mahal, tripod semacam ini menghindarkan kita membawa dua alat sekaligus (tripod dan monopod)

monopod-tripod

  • perhatikan fitur tambahan tripod yang kadang terlewatkan, seperti waterpass, kaitan untuk menggantung beban (supaya lebih stabil) dan busa untuk menggenggam tripod (saat cuaca dingin, busa ini mencegah tangan kita kedinginan saat memegang tripod)

benro

Itu dia tipsnya, sebagai tambahan info, kini banyak tripod dibuat berwarna warni sehingga tidak membosankan dan mudah dibedakan saat sedang hunting rame-rame. Tidak ada salahnya membeli yang warnanya tidak hitam, kalau anda suka.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

One thought on “Tips memilih tripod untuk travelling”

Comments are closed.