camera-sale-2014

Kamera mirrorless yang turun harga di akhir tahun 2014

Waktunya banting harga, waktunya cuci gudang akhir tahun. Itulah yang dilakukan mayoritas produk kamera mirrorless di akhir tahun 2014 ini. Harga kamera mirrorless kami amati masih bisa bervariasi dari yang cukup tinggi (saat diluncurkan sampai beberapa bulan kemudian) hingga banting harga (saat stok masih banyak tapi produk tersebut sudah tertinggal/digantikan produk generasi baru). Khusus di akhir tahun 2014 ini, kami sudah prediksikan bakal banyak promo menarik, dan biasanya satu produsen membuat promo (misal cashback) maka produsen lain ikut-ikutan membuat promo supaya tetap kompetitif.

Adalah Sony, Fujifilm, dan Samsung yang bertarung di kancah mirrorless, khususnya produk dengan sensor APS-C dan juga diikuti dengan Panasonic sebagai wakil dari kubu Micro Four Thirds (kami tidak menemui ada promo dari Olympus). Persaingan memanas di produk berbandrol 5-10 juta rupiah yang sudah begitu penuh sesaknya. Satu saja produk mengalami turun harga maka produk lain akan ‘terganggu’ dan bisa jadi perlu ikut turun juga.

Promo Fujifilm
Promo Fujifilm

Kali ini kami susun tabel beberapa produk mirrorless yang memberi promo akhir tahun, perlu dicatat kalau data ini belum tentu akurat, dan promo memiliki periode serta syarat dan ketentuan tersendiri yang berbeda. Harga diambil dari beberapa sumber dan bisa jadi ada perbedaan dengan harga aslinya.

camera-sale-2014

Catatan dan analisa dari kami :

  • Sony A7 menjadi bintang di kelas full-frame dengan menawarkan harga terjangkau dan fitur lebih
  • Samsung NX30 menempel harga dari Sony A6000 di 10 juta, sehingga memaksa A6000 turun harga ke 9 juta
  • Sony A6000 seharga 9 juta memukul Fuji X-M1 sehingga Fuji memilih banting harga ke 6,8 juta
  • Harga Fuji X-M1 yang 6,8 juta membuat Samsung NX300 terpaksa ‘menyamai’ harganya, turun dari 7,5 juta ke 6,8 juta
  • Saat Samsung NX300 jadi 6,8 juta, maka Fuji X-A1 tidak punya pilihan selain terjun bebas dari 7 juta ke 5,5 juta
  • Sadar kamera APS-C seperti Fuji X-A1 (dan Samsung NX3000-tidak ada di tabel) jadi 5,5 juta, membuat Panasonic tidak punya pilihan lain selain menurunkan Lumix GF6 menjadi 4,5 juta
  • Sony A5100 dan Samsung NX mini memang turun harga, tapi semestinya masih bisa turun lebih banyak lagi (mengingat kompetisi yang ketat)
Promo Samsung NX
Promo Samsung NX

Produk yang punya value tinggi :

  • Samsung NX300 kit 18-55mm seharga 6,8 juta merupakan good deal, mengingat NX300 punya fitur hybrid AF
  • Lumix GF6 kit 14-42mm seharga 4,5 juta plus baterai juga deal menarik, karena kamera ini sudah cukup oke tapi terjangkau sekali
Promo Lumix GF6
Promo Lumix GF6
Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..