Mirrorless Fuji X-T10 dan Lumix G7 hadir nyaris bersamaan, bagus dan tidak mahal

5 Responses

  1. Sunaryo says:

    admin KG, saya baru mau masuk ke dunia fotografi jadi sangat minim pengalaman. saya ingin tanya kalau untuk kamera mirrorless itu apakah bagus untuk bokeh? apakah ada fix lens yg khusus untuk kamera mirrorless?

    • admin KG says:

      Dengan lensa yg sesuai, kamera mirrorless juga bisa untuk buat background blur (bokeh), karena kamera mirrorless sama saja dengan DSLR secara hasil foto, asal ukuran sensornya sama.

  2. hari says:

    mas admin, saya masih ragu ttg autofokus.. apakah PDAF itu memang 100% lebih baik daripada CDAF? lalu bagaimana peran dari IR AF-assist beam dalam hubungannya dengan kedua tipe autofokus tadi? terima kasih..

    • admin KG says:

      Cara PDAF kan dibuat dengan prinsip yg simpel : saat tidak ada perbedaan fasa maka dianggap fokus. Kamera akan memutar ring fokus sampai perbedaan fasanya nol, tidak perlu mencari-cari mana fokus terbaik (yg bikin hunting) seperti CDAF di kamera digital. Pengembangan kamera digital modern bisa membuat piksel pendeteksi fasa di sensor, menjadikan kamera CDAF juga bisa PDAF dan keduanya bekerja sama (hybrid AF). Di kamera hybrid AF yg kita perlu cek adalah berapa piksel PDAF yg diberikan (biasanya 100-400 piksel) dan di area mana piksel tsb ditempatkan (tengah, menyebar, memanjang).

      AF assist beam beda dengan IR-AF, di hampir semua kamera modern ada AF assist beam, lampu biasa yg bila menyala bisa membantu kamera mencari fokus (karena baik PDAF atau CDAF keduanya sulit bekerja dalam gelap). Kalau IR AF itu teknologi auto fokus jaman dulu yg mengirim cahaya IR lalu mengukur pantulannya dan memprediksi jarak fokus dari selisih pantulan tsb.

  3. hari says:

    Berarti IR AF itu teknologi yg tertinggal dibanding baik CDAF maupun PDAF, yg keduanya menggunakan AF-assist Beam?

    Saya bingung krn ada produk ponsel kamera terbaru (tidak perlu saya sebutkan merek/tipenya) yang mengunggulkan kemampuan IR AFnya.

    Sekali lg terimakasih mas..