ILCE-7RM2_front

Sony A7R mk II telah hadir, full frame sensor 42 MP plus 4K

Sony akhirnya mengumumkan hadirnya kamera mirrorless A7R generasi kedua (mark II) dengan beberapa peningkatan seperti sensornya kini 42 MP (sebelumnya 36 MP), berjenis back-iluminated (rendah noise) dan bisa rekam video 4K. Sensor full frame di A7R mk II ini juga bergerak 5 axis untuk meredam getaran tangan, sebelumnya fitur ini diperkenalkan di A7 mark II, sehingga pakai lensa apa saja bisa tetap stabil. Untuk semua fitur itu, siapkan dana 40 jutaan belum termasuk lensa ya..

Bildschirmfoto-2015-06-10-um-20.05.06-700x217

Memang deretan fitur Sony A7R mk II masih banyak lagi. Misal kepekaan sensor maksimum bisa diangkat hingga ISO 102.400 dan bisa silent shutter juga. Kemudian auto fokusnya juga bisa hybrid dengan 399 piksel pendeteksi fasa di sensornya, banyak berguna untuk mengunci fokus ke subyek yang bergerak. Kinerja shoot kontinu cukup biasa saja dengan 5 fps, tapi mengingat resolusi gambar 42 MP maka hal ini masih terkesan impresif.

ILCE-7RM2_front

Bodi A7R mk II sepintas mirip dengan A7 mk II dengan perubahan ergonomi dan tata letak tombol shutter dan roda depan. Bahan bodi A7R mk II sepenuhnya dari magnesium alloy dengan bobot total 625 gram, cukup berat untuk ukuran kamera yang kompak ini. Layar LCD tetap sama, bisa dilipat ke atas dan kebawah. Tapi untuk urusan jendela bidik, A7R mk II lebih disempurnakan dengan Zeiss optik, tampilan di jendela bidik jadi sangat jelas.

ILCE-7RM2_rear

Dukungan lensa untuk E-mount ini memang belum begitu banyak, beberapa lensa yang disarankan untuk memaksimalkan ketajaman sensor 42 MP di Sony A7R mk II diantaranya adalah lensa FE 55mm f/1,8, lensa FE 35mm f/1.4 dan lensa FE 90mm f/2.8 Macro. Penggunaan lensa lain, seperti lensa Canon juga dimungkinkan, dan auto fokusnya bisa tetap jalan asal dipasang adapter yang sesuai.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..