FujiFilm X-E3, mirrorless anyar Fuji berdesain rangefinder

Setelah migrasi dari sensor X-Trans 16 MP ke 24 MP di Fuji X-T2 dan X-T20, maka selanjutnya FujiFilm perlu memasang sensor serupa di penerus Fuji X-E2. Tapi sukses di X-T20 membuat banyak pihak ragu apa FujiFilm akan membuat penerus X-E2 atau tidak. Kini terjawab sudah ternyata FujiFilm mengumumkan hadirnya Fuji X-E3 dengan sensor 24 MP, fitur video 4K dan layar sentuh. Bahkan X-E3 menjadi kamera Fuji pertama dengan koneksi nirkabel Blutooth yang lebih hemat daya dibanding WiFi.

Fuji-XE3

Desain kamera X-E3 ini ala rangefinder, artinya posisi jendela bidik ada di pojok kiri atas, dan ini berbeda dengan desain ala SLR yang dipakai di X-T2/X-T20. Fuji X-E3 punya desain yang simpel, kini dengan dua roda dial (di depan dan di belakang), lalu sebuah joystick dan layar sentuh disediakan sehingga D-pad (tombol panah 4 arah) di kamera ini dihilangkan. Layar sentuhnya sendiri merupakan LCD 3 inci yang sayangnya tidak bisa dilipat, untuk jendela bidik elektronik cukup detail dengan 2,6 juta dot. Built-in flash ditiadakan di X-E3, sebagai gantinya diberikan mini eksternal flash yang bisa dipasang di hot shoe.Fuji-XE3b

Kinerja kamera ini kurang lebih sama dengan X-T20, seperti auto fokusnya dengan hybrid AF (PDAF 325 area), menembak kontinu 8 fps, dan aneka Film Simulation khas kamera Fuji. Dari spek dan desain kamera X-E3, maka kami meyakini Fuji ingin bersaing langsung dengan Sony A6300.

Konsumen tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan di line-up Fuji saat ini. Seperti biasa segmen basic tanpa jendela bidik tersedia X-A3 atau bahkan X-A10, lalu di segmen menengah ada X-T20 (SLR style) atau X-E3 ini (rangefinder style). Di segmen atas ada X-T2 (SLR style) atau X-Pro2 (rangefinder style).

Plus minus kamera ini :

  • (+) sensor 24 MP X-Trans
  • (+) desain rangefinder lebih ringkas
  • (+) kinerja fokus sudah oke dibanding seri sebelumnya
  • (+) video 4K
  • (+) layar sentuh
  • (-) flash dipisah dari bodi
  • (-) layar LCD tidak bisa dilipat
  • (-) grip kurang menonjol
Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

2 thoughts on “FujiFilm X-E3, mirrorless anyar Fuji berdesain rangefinder”

  1. xe3, kamera yg fiturnya lngkap,. tp syang uangnya blum ckup untuk mmbelinya.
    Om Erwin mw tanya,. tangan sya itu kn sering basah/berkeringat,,. kira berbagai jenis kamera klo sya pegang trus aman g ?
    rncana pngen beli fuji xe1 atau nikon d300 yg bekas, apkah aman utk tangan sya
    atau mngkin ada rekomendasi kamera lainya, yang harga bekasnya 5jtaan,?

    1. Kalo cuma basah keringat aja sih tidak masalah. Yg dihindari itu air dari atas, misal hujan, yg merembes lewat tombol atau roda.

Comments are closed.