Perkembangan Sony A7 dari masa ke masa

Sony A7 boleh jadi adalah kamera mirrorless yang banyak diminati, karena teknologinya, karena ukurannya, karena hasil fotonya dan khususnya karena harganya yang dianggap bersahabat untuk kelas full frame. Sony sampai saat ini sudah meluncurkan 3 generasi Sony A7, yaitu A7 generasi pertama (2013-2014), A7 II (2015-2016) dan A7 III (2017-2018). Ketiganya tetap mempertahankan sensor full frame 24 MP dengan low pass filter dan phase detect AF.

Peningkatan secara fisik tidak banyak dilakukan, setidaknya dari tampak luar bodi ketiganya masih mirip. A7 punya desain paling simpel, lalu A7 II didesain ulang sedikit, dengan penambahan tombol AF/MF-AEL di belakang, dan di A7 III memberi joystick dan dual SD card serta bodi weathersealed yang awalnya ditemui di A9. Sony A9 sendiri adalah top-nya seri Alpha full frame, maka tak heran hadirnya A7 III yang dibuat setelah muncul A9 membawa beberapa ‘inspirasi’ dari A9 seperti bodi, menu, fitur dan kinerja.

sony-a7ii-vs-a7iii-front

A7 generasi awal masih dijual saat ini dengan harga dibawah 15 juta, cocok untuk yang dana terbatas, atau yang ingin memakai lensa lama dengan adapter. A7 II dikisaran 20 jutaan menjadi produk paling laris dengan adanya 5 axis sensor shift (IBIS) yang membuat foto lebih tajam, dan A7 III yang hampir menyentuh angka 30 juta menjadi produk yang topnya dengan baterai besar, 4K video, layar sentuh dan bodi mantap. Tapi secara esensi, semua A7 punya sensor mirip-mirip (meski A7 III diklaim punya dynamic range lebih baik berkat BSI CMOS sensor).

Sony A7iii

Saran : untuk dana terbatas, A7 masih menarik untuk dimiliki, apalagi kalau terbiasa pakai tripod dan jarang foto subyek bergerak. A7 II disarankan untuk keseimbangan fitur dan harga, dan A7 III cocok untuk anda yang mencari kinerja tinggi, bodi tahan cuaca, dan bonus-bonus seperti layar sentuh, joystick, dual SD card dan baterai yang lebih besar. Kami sendiri beropini kalau A7 III inilah produk yang semestinya dibuat oleh Sony dari dulu, karena sudah lebih memikirkan kemudahan pengguna dan juga kegunaan lebih (baterai lebih besar, layar sentuh), dan menjawab keluhan di A7 sebelumnya (baterai, weather sealed dan 4K video) meski sayangnya akibat ini semua maka harga A7 III menjadi naik signifikan padahal secara substansi sensor masih sama dengan A7 II. Anda sendiri tertarik dengan yang mana?

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

2 thoughts on “Perkembangan Sony A7 dari masa ke masa”

  1. Om kalo untuk travelling, landscape dan daily use lbh ok mana ya A7 atau Fuji T20? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>