Canon EOS 90D dan EOS M6 mk II diluncurkan

Canon mengumumkan kehadiran dua kamera baru, yaitu satu adalah produk DSLR Canon EOS 90D (penerus EOS 80D) dan satu lagi adalah produk dari mirrorless APS-C yaitu EOS M6 mk II.

Canon EOS 90D hadir sebagai produk yang mengkawinkan dua segmen DSLR APS-C yaitu segmen semi-pro 80D (yang populer untuk foto dan video) dan segmen pro 7D (populer untuk jurnalis dan sport). Jadi konsep EOS 90D adalah tetap memakai layar lipat putar seperti 80D tapi punya kekuatan bodi dan kecepatan yang mendekati seri pro 7D.

Spesifikasi EOS 90D terbilang cukup menarik dengan sensor APS-C 32 MP yang bisa merekam video 4K, memiliki 45 titik AF, ada joystick, bisa memotret sampai 10 fps, prosesor Digic 8 terbaru meski sayangnya hanya memiliki satu Slot SD card. Dari fisik bodinya meski masih sepintas mirip dengan 80D, pada EOS 90D ini tombol dan pengaturannya lebih banyak, weathersealed lebih ditingkatkan dan bisa menggunakan shutter elektronik.

Sedangkan EOS M6 mk II hadir sebagai penegasan bahwa Canon tetap memperhatikan segmen mirrorless APS-C karena banyak anggapan Canon akan hanya mementingkan mirrorless full frame EOS R. EOS M6 sendiri menjadi mirrorless APS-C paling menarik dari Canon karena bentuknya yang keren, ukuran kecil, kendali eksternal masih cukup banyak dan bisa memasang jendela bidik eksternal bila perlu. M6 banyak dipakai untuk vlog juga karena LCD-nya bisa dilipat menghadap depan.

Di EOS M6 mk II, Canon memberi sensor yang sama dengan 90D yaitu 32 MP, memotret hingga 14 fps, meningkatkan kinerja auto fokus deteksi mata, silent shooting yang cepat dan video 4K yang menggunakan seluruh bidang sensor, dan jendela bidik yang bisa dilepas kini jadi satu dalam paket penjualan.

Canon juga merilis beberapa lensa baru untuk EOS M dan EOS R, misalnya EF-M 32mm f/1.4 (untuk APS-C mirrorless), RF 15-35mm f/2.8L IS dan RF 24-70mm f/2.8L IS untuk full frame.

Suka artikel di atas? Like dan Share yuk..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>